Tahapan Proses Berlangsungnya Pendidikan Bagi Setiap Individu

Setiap individu memang sangat penting mendapatkan pendidikan karena pendidikan bagi setiap individu seperti halnya kebutuhan pokok yang akan menutrisi otak dengan pembelajaran – pembelajaran yang dilakukan pada konteks dunia pendidikan. Seorang individu tanpa pendidikan seperti halnya macan tanpa taring tentu tak akan ada kekuatan dari dalam dirinya untuk menguatkan dan mengoptimalkan potensi diri.

Tahapan Proses Berlangsungnya Pendidikan Bagi Setiap Individu
Tahapan Proses Berlangsungnya Pendidikan Bagi Setiap Individu

Karena itu seperti yang senantiasa ditekankan oleh para pejuang bahwa bagi bangsa Indonesia pendidikan itu merupakan suatu aspek yang sangat penting. Bahkan pendidikan merupakan suatu kewajiban bagi masyarakat Indonesia untuk memenuhinya bahkan kalau bisa tidak hanya sampai SMA melainkan juga sampai perguruan tinggi. Dalam dunia pendidikan selain dunia pendidikan formal, memang akan ada beberapa fase dan tahapan proses pendidikan yang berlangsung. Apa sajakah tahapan – tahapan proses berlangsungnya pendidikan tersebut?

Tahapan Proses Berlangsungnya Pendidikan 

Keluarga sebagai pendidikan primer

Yang terdapat didalam tahapan penting keluarga maksudnya yaitu berisi tentang pendidikan budi pekerti dan juga berisi tentang nilai – nilai yang berkaitan dengan moral yang lain yang telah diberikan oleh orang tua atas anak – anaknya. Pendidikan ini adalah pendidikan awal membentuk karakter dan kepribadian anak sebelum dikembangkan di lingkungan sekolahnya.

Sekolah untuk pendidikan sekunder

Setelah pendidikan primer yaitu keluarga dilalui, dan sebenarnya lingkungan primer ini juga membentuk sampai dewasa, selanjutnya yang sangat diperlukan adalah soal pendidikan sekolah. Yang terkandung didalam tahapan penting sekolah yaitu melakukan pemberian berupa bekal yang bekal ini merupakan bekal berupa pendidikan pada bidang keterampilan untuk melakukan jaminan hidup di masa datang atau pada masa depan dalam melakukan kerja nyata yang berada di berbagai macam sektor kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan sekolah sendiri ada berbagai macam jenjang yang perlu ditempuh mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini sekitar 2 tahun, Taman kanak – kanak selama 2 tahun, pendidikan sekolah dasar selama 6 tahun, pendidikan sekolah menengah pertama 3 tahun, pendidikan sekolah menengah atas (MA, SMA, SMK) selama 3 tahun dan juga pendidikan sarjana serta pasca sarjana yang dapat dijadikan sekolah lanjutan untuk mendapatkan gelar. Tentunya program sarjana dan pasca sarjana akan menambah peluang untuk bisa bersaing dengan pesaing lainnya ketika nanti memasuki dunia kerja.

Masyarakat sebagai pendidikan tersier

Yang terdapat atau terkandung didalam tahapan penting masyarakat adalah soal pendidikan suatu keterampilan atau tentang hubungan antara anak dengan masyarakat. Aspek ini juga termasuk soal budaya yang berkembang di lingkungan masyarakat tersebut.

Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Tahapan Proses Berlangsungnya Pendidikan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Jalani setiap tahapannya dan jadi generasi penerus yang cerdas. sumber : www.dosenpendidikan.com