Tujuan Pendidikan Multikultural Indonesia

Dalam konteks negara Indonesia pendidikan multikultural semakin mendapatkan momentum secara runtuh rezim yang diasumsikan dengan otoriter militeristik. Karena itu dirasakan bahwa sangat perlu adanya penerapan paradigma pendidikan multikultural untuk dapat menangkal semangat primordialisme yang berkembang.

Tujuan Pendidikan Multikultural Indonesia
Tujuan Pendidikan Multikultural Indonesia

 

Dan secara umum pendidikan multikultural sendiri harus didesain secara khusus agar dapat membantu menciptakan persamaan peluang pendidikan bagi semua siswa yang dapat berbeda rasa, etnis, kelompok budaya dan juga kelas sosial. Tentu saja yang namanya pendidikan multikultural ini memiliki tujuan ketika diterapkan. Lantas apa saja tujuan pendidikan multikultural Indonesia? Berikut mari kita bahas tentang apa saja tujuan pendidikan multikultural Indonesia yang sangat penting. Cek informasinya J

Tujuan Pendidikan Multikultural Indonesia

Pendidikan multikultural paling tidak memiliki sedikitnya lima tujuan. Tujuan yang pertama dapat meningkatkan soal pemahaman diri serta konsep diri yang baik. Kemudian tujuan yang kedua dari pelaksanaan pendidikan multikultural yaitu dapat meningkatkan aspek kepekaan pada setiap peserta didik dalam memahami orang lain termasuk terhadap berbagai macam kelompok budaya di negaranya sendiri dan juga negara lain. Dan kemudian yang ketiga adalah dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk merasakan serta memahami kemajemukan. Interpretasi kebangsaan dan juga aspek budaya terkadang bertentangan dan juga menyangkut nilai serta perilaku. Dan yang keempat, pendidikan multikultural ini dapat menjadi pembuka alam pikir peserta didik dalam merespon sebuah masalah.

Dan yang terakhir, salah satu tujuan dari pemberlakuan pendidikan multikultural yaitu dapat memahami latar belakang munculnya pandangan klise atau pandangan kuno serta dapat menjauhi pandangan streotipe dan menjadikan salah satu aspek yang dapat membantu peserta didik untuk bisa toleran dalam kehidupannya.

Sementara menurut pendapat para pakar bahwa tujuan awal dari pendidikan multikultural yaitu digunakan dalam membangun wacana pendidikan baik di kalangan guru, di kalangan dosen, di kalangan ahli pendidikan dan juga untuk membantu dalam pengambilan kebijakan dalam dunia pendidikan. Harapan dari hal ini yaitu apabila mereka punya wacana tentang pendidikan multikultural yang baik maka nantinya hal tersebut juga akan berdampak pada pola interaksi peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Singkatnya, soal paradigma dari pemberlakuan pendidikan multikultural diharapkan dapat mampu untuk menghapus stereotip, sikap dan juga pandangan egoistik, individualis dan juga eksklusif di kalangan peserta didik. Dan yang sebaliknya terjadi bahwa peserta didik juga akan senantiasa dapat dikondisikan ke arah pandangan bahwa ada keterkaitan antara seorang diri sebagai individu dengan lingkungan kemasyarakatan, bangsa dan negara.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Tujuan Pendidikan Multikultural Indonesia. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Terapkan pendidikan multikultural dan dapatkan banyak manfaatnya. referensi  https://www.sekolahbahasainggris.com/