Khasiat kecantikan yang terkandung dalam daun pandan

Khasiat kecantikan yang terkandung dalam daun pandan – Pandan adalah galat satu bumbu dapur yg biasa digunakan pada Indonesia. Selain memberi rasa & aroma yang khas dalam kudapan manis, pandan jua sanggup menghilangkan bau amis dalam bahan makanan.

Di balik aromanya yg anggun pandan jua mengandung aneka macam zat yang berguna buat tubuh, diantaranya tanin, glikosida, & alkaloid. Daun wangi ini mempunyai sejumlah khasiat kesehatan & kecantikan.

Detoksifikasi
Teh yg dibentuk dari rebusan daun pandan atau daun pandan yg diseduh bisa digunakan buat detoksifikasi. Daun pandan memiliki kemampuan buat membersihkan liver berdasarkan racun. Hasilnya sanggup dicermati menurut kulit yg lebih sehat dan berseri.

Untuk membuat satu gelas akbar teh pandan, pakai satu lbr pandan ukuran besar yang telah dicuci dan diikat simpul. Minumlah airnya pada keadaan hangat. Jangan ditambah gula.

Aromatherapy face steam
Untuk Anda yang bermasalah menggunakan kulit kering, berminyak, dan kusam, coba saja lakukan facial steam dengan air seduhan pandan. Minyak esensial yg terkandung di dalam pandan mampu membantu meredakan pusing dan menenangkan pikiran. Selain itu uapnya juga mampu membantu membuka pori-pori yg tersumbat & menghaluskan kulit.

Sediakan sebaskom kecil air rebusan pandan yg masih panas. Kemudian ikatkan handuk di sekeliling kepala. Pastikan paras sudah bersih dari makeup, kemudian tempatkan wajah di atas baskom. Kira-kira 10 centimeter pada atas baskom selama dua sampai 3 mnt.

Menghilangkan komedo
Singkirkan komedo yang membandel menggunakan masker yg dibuat dari 1/dua sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang, dan 1/4 sdt minyak zaitun. Bisa juga ditambahkan 1/2 sendok makan air jeruk nipis.

Haluskan seluruh bahan dan campur hingga sebagai pasta kental. Terapkan pada wajah yang telah dibersihkan menurut makeup. Setelah itu pisahkan selama 15 mnt & bilas dengan air dingin.

Mengangkat kulit mati
Daun pandan yg telah dihaluskan mampu difungsikan sebagai body scrub yg relatif efektif buat mengangkat kulit meninggal. Cuci higienis pandan, lalu haluskan menggunakan alat-alat yang steril. Setelah itu campur dengan madu atau minyak zaitun. Gunakan buat menggosok kulit tubuh yang perlu eksfoliasi. Gosok menggunakan gerakan melingkar, kemudian pisahkan selama tiga menit. Setelah itu bilas tubuh dengan air dingin. Kulit akan terasa lebih lembut dan bercahaya pada ketika singkat.

Baca Juga  :