PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR
PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR

KONSENTRASI ADMINISTRASI BISNIS

1.1   Umum

  1. Tugaas Akhir (TA) merupakan karya tulis ilmiah. Topik/judulnya dipilih sendiri oleh Mahasiswa atau arahan dari Dosen Pembiming, Pokok bahasan dan identifikasinya dirumuskan sendiri oleh Mahasiswa dengan bimbingan dari Dosen yang telah ditunjuk, begitupun tujuannya harus dirumuskan sendiri oleh Mahasiswa ini. Berarti bahwa TA bukan terjemahan atau suduran dari TA orang lain.
  2. Pada hakekatnya TA merupakan laporan penelitian atau pengamatan Mahasiswa di lapangan, selama PKL atau dapat juga berdasarkan studi kasus. TA harus ditulis secara jujur, obyektif, berdasarkan pada fakta dan data yang logis, serta disusun dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. TA harus ditulis sendiri oleh Mahasiswa, dibawah bimbingan atau arahan Dosen Pembimbing. Sebagai satu karya tulis ilmiah, punulisan TA harus mengikuti tata cara atau teknik penulisan berdasarkan pada kaidah ilmiah.
  4. Jumlah halaman TA minimum 30 halaman (diluar lampiran).
  5. Jenis TA untuk Program Studi Administrasi Bisnis :

Konsentrasi Administrasi Bisnis :

1)      Prosedur Administrasi Bisnis

Berisikan langkah-langkah administrasi bisnis yang harus dijalankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku terkait dengan pekerjaan yang dijalankan penulis di perusahaan/instasi tersebut.

2)      Kajian/Analisis Perbaikan Sistem Kerja

Berisikan analisis/kajian terhadap system kerja yang dijalankan dalam suatu perusahaan/instasi dimana penulis bekerja/magang dalam rangka untuk lebih meningkatkan efektifitas, efisiensi dan produktivitas kerja.

3)      Hubungan Korelasi

Berisikan analisis kuantitatif hubungan korelatif antar variable input (masukan) & variable (keluaran/hasil) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan serta untuk mengetahui sejauh mana hubungan tersebut.

Konsentrasi Administrasi Perkantoran :

1)      Prosedur Administrasi Perkantoran

Berisikan langkah-langkah administrasi perkantoran yang harus dijalankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku terkait dengan pekerjaan yang dijalankan penulis di perusahaan/instansi tersebut.

2)      Kajian/Analisis Perbaikan Sistem Kerja

Berisikan analisis/kajian terhadap system kerja yang dijalankan dalam suatu perusahaan/instansi dimana penulis bekerja/magang dalam rangka untuk lebih meningkatkan efektifitas, efisiensi dan produktivitas kerja.

3)      Hubungan Kolerasi

Berisikan analisa kuantitatif hubungan korelatif entar variable input (masukan) dan variable output(keluaran/hasil) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan serta untuk mengetahui sejauh mana hubungan tersebut.

Konsentrasi Sekertaris :

1)      Peranan Sekertaris

Berisikan peranan dan fungsi yang harus dijalankan oleh seorang sekertaris dalam membantu tugas-tugas pimpinan di dalam perusahaan/instansi dimana penulis bekerja/magang.

2)      Penanganan Suatu Kegiatan Administrasi Kantor

Berisi tentang penanganan-penanganan dari suatu kegiatan administrasi kantor yang dilakukan oleh seorang sekertasir dalam suatu kantor/organisasi.

3)      Pelayanan Dalam Kantor

Berisi tentang pelayanan yang diterapkan/dilakukan dalam suatu organisasi/kantor/perusahaan/instansi dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap lingkungan internal maupun eksternal.

4)      Kajian Analisis Perbaikan Sistem Kerja

Berisi analisis/kajian terhadap system kerja yang dijalankan dalam suatu perusahaan/instansi dimana penulis bekerja/magang dalam rangka untuk lebih meningkatkan efektifitas, efisiensi dan produktivitas kerja.

5)      Hubungan Korelasi

Berisi analisis kuantitatif hubungan korelatif antar variable input (masukan) & variable output(keluaran/hasil) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan serta untuk mengetahui sejauh mana hubungan tersebut.

1.2   Susunan Penulisan

  1. Bagian Pembuka
  2. Sampul Luar

Pada sampul luar dicetak judul laporan praktek kerja lapangan, Nama lengkap mahasiswa dan nomor pokok mahasiswa, logo Universitas, tulisan Universitas, Kota, dan tahun lulusan (bukan tahun wisuda). Judul harus menarik, positif, singkat, (tidak lebih dari 12 kata, tidak termasuk kata sambung atau kata depan), spesifik, merujuk pada pokok bahasan (bukan kesimpulan) dan tidak menggunakan kata kerja pada awal judul.

  1. Halaman Judul

Merupakan halaman pertama, memuat judul, nama lengkap mahasiswa, teks “Tugas Akhir”, kemudian di bawahnya ditulis “Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Diploma Tiga (D-3) pada Program studi ……………………………………………………………………………

  1. Lembar Pengesahan

Halaman ini memuat “Judul Naskah”, “Nama Mahasiswa”, “NIM”, “Program Studi” dan “Konsentrasi”. Disamping itu berikutnya memuat tulisan “Menyetujui”, nama dan tanda tangan pembimbing, nama dan tanda tangan Ketua Program Studi terkait, dan tulisan “Mengetahui” nama dan tanda tangan Wakil Direktur I Universitas.

  1. Lembar Pengesahan Ujian

Halaman ini memuat “ Nama Mahasiswa “, “NIM”, “Program Studi”, Sedangkan di bagian tengahnya memuat isi pernyataan yang berbunyi “Dinyatakan telah mengikuti ujian Sidang Tugas Akhir di hadapan Tim Dosen Penguji pada tanggal …………201…. Dan yang bersangkutan dinyatakan lulus”, serta berisi tanda tangan Ketua Penguji, tanda tangan Penguji Ahli dan tanda tangan Kepala Unit Penjaminan Mutu, sebagai tanda pengesahan.

  1. Surat Keterangan Perusahaan/Lembaga Tempat PKL

Merupakan bukti seorang mahasiswa telah melaksanakan praktek kerja lapangan/observasi pada suatu perusahaan/lembaga, yang memuat antara lain; tempat dan jangka waktu pelaksanaan PKL/observasi, bidang pekerjaan, keterangan hasil kerja mahasiswa, logo perusahaan/lembaga tempat PKL/tempat observasi, nama, jabatan, dan tanda tangan pejabat yang mengeluarkan surat keterangan tersebut.

  1. Kata Pengantar

Memuat pernyataan pribadi, diluar isi laporan, terdiri atas keterangan tempat dan waktu PKL/observasi dilaksanakan serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan PKL/observasi dalam penyelesaian pembuatan TA; yang diungkapkan secara wajar, sungguh-sunngguh, lugas tetapi sopan, dan tidak berlebih-lebihan. Panjang uraian tidak lebih dari satu halaman kemudian diutup dengan kata Jakarta diikuti dengan tanggal, bulan, tahun serta tanda tangan dan nama penulis.

  1. Daftar Isi

Memuat judul bab, sub-sub, dan sub-sub-bab; yang disusun secara teratur menurut nomor halaman, diteruskan daftar pustaka, lampiran, dan biodata penulis.

  1. Isi Tulisan Akhir
  2. Pendahuluan (Sebagai Bab I)

Memuat latar belakang masalah, alasan pemilihan objek yaitu tempat PKL dan penentuan topic yang diajukan, tujuan dan manfaat laporan, serta bagaimana topic tersebut dijabarkan dalam laporan.

  1. Landasan Teori (Sebagai Bab II)

Mamuat pendapat orang lain tentang pengertian yang disampaikan penulis dalam kajiannya. Landasan teori tersebut dimaksudkan untuk memperkuat argumentasi.

  1. Profil Perusahaan (sebagai Bab III)

Memuat rumusan tentangsejarah berdirinya perusahaan, visi dan misi perusahaan, bidang usaha/ruang gerak, pelanggan, struktur organisasi, dan deskripsi kerja (jika ada).

  1. Pembahasan (Sebagai Bab IV)

Memuat data informasi hasil survey dan pengamatan pada PKL serta pembahasannya. Data atau informasi diuraikan secara sistematik disertai table, grafik atau gambar agar lebih jelas. Pada bagian pembahasan, diuraikan temuan-temuan yang diperoleh, didukung argument yang mengacau pada teori, hokum atau konsep yang diperoleh dari bahan kuliah dan perpustakaan serta pedoman kerja yang berlaku pada perusahaan/lembaga tempat PKL dan aturan Negara atau badan-badan dunia yang terkait.

  1. Penutup (Sebagai Bab V)

Memuat kesimpulan hasil penelitian. Disertai juga saran-saran yang berkaitan dengan hasil pengamatan atau kaidah yang berlaku.

  1. Bagian Akhir
  2. Daftar Pustaka

Suatu daftar yang memuat pustaka dan artikel yang diacu secara langsung dalam tubuh tulisan, sebagai bentuk penghargaan atas pendapat orang lain, sopan santun professional (karena pencantuman pendapat orang lain tanpa menunjuk sumbernya akan mengesankan plagiatisme.

  1. Biodata Penulis

Didalamnya dicantumkan tempat dan tanggal penulis dilahirkan, nama orang tua, pendidikan penulis, dan pengalaman kerja, dalam satu halaman tulisan.

  1. Lampiran

Merupakan tempat untuk menyajikan keterangan atau data tambahan, yang kalau dimasukkan dalam tubuh tulisan akan mengganggu jalan cerita (misalnya table, bagan, gambar, dan contoh bentuk/format).

1.3   Penulisan

  1. Bagian Pembuka
  2. Sampul Luar

Judul, dicetak dalam huruf Arial kapital, ukuran 16, tebal (bold), ditengah-tengah halaman. Nama mahasiswa dan tulisan UNIVERSITAS dicetak di tengah-tengah dalam huruf Arial kapital tebal, ukuran 14.

  1. Halaman judul

Judul, nama mahasiswa dan tulisan UNIVERSITAS ditulis dengan cara yang sama dengan sampul luar. Adapun teks lainnya dengan huruf Arial ukuran 12.

  1. Lembar Pengesahan

Judul, dicetak di tengah-tengah dalam huruf Arial kapital tebal, ukuran 14. Adapun teks lainnya dengan hufur Arial ukuran 12.

  1. Surat Keterangan Perusahaan/Lembaga

Sesuai dengan ketentuan perusahaan/lembaga tersebut.

  1. Kata Pengantar

Judul, dicetak di tengah-tengah dalam huruf Arial kapital tebal, ukuran 14. Adapun tulisan lainnya dengan huruf Arial ukuran 12.

  1. Daftar Isi

Judul, dicetak di tengah-tengah dalam huruf Arial kapital tebal, ukuran 14. Adapun teks lainnya dengan huruf Arial ukuran 12.

  1. Halaman Bab

Pada setiap halaman bab dari mulai Bab I s/d V tidak perlu dikasih penomoran halaman. Sebagai contoh Bab I adalah halaman 1 tetapi tidak perlu diberi nomor lalu halaman berikutnya adalah hal 2 dan seterusnya dan diletakkan di kanan halaman bagian bawah dengan jarak 2 spasi dari batas ruang ketikan.

  1. Nomor Halaman

Dimulai dari halaman judul sampai dengan halaman ringkasan (abstraksi), diberi nomor halaman dengan angka Romawi Kecil seperti I, ii, iii, iv dan seterusnya yang diletakkan di kanan bawah dengan jarak 2 spasi dari batas ruang ketikan.

  1. Kertas

Kertas yang digunakan ialah HVS 70-80 gram (kecuali sampul luar), berukuran 210 x 297 mm (A-4). Khusus sampul kertas (cover), dibuat dari kertas linen yang dilaminasi plastik dengan ketentuan warna sebagai berikut :

  1. Untuk Program Studi Administrasi Bisnis : berwarna Merah (M=100; Y=100)
  2. Untuk Program Studi Komputerisasi Akutansi : berwarna Orange (M=60; Y=100)
  3. Untuk Program Studi Manajemen Informatika : berwarna Biru Langit (M=40; C=100)
  4. Untuk Program Studi Hubungan Masyarakat : berwarna Violet (M=40; K=20)
  1. Isi Tulisan Tugas Akhir
  2. Huruf

Untuk teks, huruf yang dianjurkan ialah Arial, dengan ukuran 12, untuk judul bab, digunakan Arial dengan ukuran 14 kapital, sedangkan Judul sub-sub dan sub-sub-bab dengan huruf Arial ukuran 12, dicetak tebal.

  1. Spasi

Naskah diketik dengan 1,5 spasi pada halaman dengan jarak 4 cm dari tepi kiri (left margin), 4 cm batas atas (top) dan 3 cm tepi kanan (right margin), dan 3 cm bawah kertas (bottom).

  1. Nomor Halaman

Pada setiap halaman Bab dari mulai Bab I s/d Bab V tidak perlu dikasih penomoran halaman. Sebagai contoh Bab I adalah halaman 1 tetapi tidak perlu diberi nomor lalu halaman berikutnya adalah halaman 2 dan seterusnya dan diletakkan di kanan bawah dengan jarak 2 spasi dari batas ruang ketikan.

  1. Nomor Gambar

Jika didalam Bab terdapat gambar pendukung, maka berikan nomor sesuai dengan urutan Bab dan nomor urut gambar serta tambahkan keterangan nya. (gambar 1.2, 2.4, 3.5, …)

  1. Kutipan

1)      Model yang dipakai adalah Penulis-Tahun-Halaman atau disebut Author-Date-Page (ADP) Style dengan cara mencantumkan nama penulis-tahun terbitan-nomor halaman yang dikutip.

2)      Nama penulis yang dicantumkan hanya nama keluarga (family name) tanpa mencantumkan gelar akademik dari penulis (contoh: Dra, Drs, SH, Ir, Dr., M.M.).

3)      Bila penulis 2 (dua) orang, kedua nama keluarga penulis tersebut dicantumkan, jika tidak ada nama keluarganya maka cantumkan nama asli keduanya.

4)      Bila penulis lebih dari dua orang, maka yang dicantumkan hanya nama penulis pertama dengan menambahkan singkatan dkk (dan kawan-kawan).

5)      Seluruh sumber dan bahan bacaan atau acuan (references) yang digunakan dikumpulkan dalam satu daftar disebut Daftar Pustaka .

6)      Seluruh seumber dan bahan bacaan atau acuan (references) yang digunakan penulis minimal terbitan tahun 2000.

7)      Pencantuman sumber kutipan dapat diletakan sebelum maupun sesudah kutipan.

8)      Kutipan yang melebihi 3 (tiga) baris, dipisahkan dari tulisan penulis sehingga membentuk alinea tersendiri dengan jarak baris satu spasi dan batas kiri 5 (lima) ketukan.

Sebelum kutipan :

Paul Beynon dan Davies (2004:6) mengungkapka: “A database can be considered as an organized collection of data which is meant to represent some universe of discourse (UoD)”.

Sesudah kutipan :

Demikian pula menurut penulis lain “A database can be considered as an organized collection of data which is meant to represent some universe of discourse (UoD)”. Paul Beynon dan Davies (2004:6).

Lebih dari tiga baris :

Justin Couch dan Daniel H. Steinbrg (2002:11) mendefinisikan sebuah kegunaan dari Java Enterprice Edition adalah sebagai berikut:

Ø  “J2EE only provides one set of inter-system communications based on XML. As XML is rapidly becoming the de facto standard for this type of work, we don’t consider it much of an issue. Within the XML sphere, there is a lot of variety and many different group all working to achieve some form of a standard”

  1. Bagian Akhir
  2. Daftar Pustaka

1)      Penyusunan buku berurut berdasarkan abjad (alphabet) nama penulis setelah di index

2)      Terdiri dari tiga bagian Nama Penulis – Judul Tulisan – Nama Penerbit

3)      Nama Penulis dimulai dengan nama keluarga, diikuti dengan tanda koma kemudian nama pertama.

4)      Bila nama penulis dua atau tiga orang, hanya orang pertama yang menggunakan aturan butir 3,selebihnya mengikuti apa yang tertera pada referensi.

5)      Bila nama penulis empat orang atau lebih, hanya dituliskan nama pertama mengikuti aturan butir 3 diikuti dengan et al atau dkk.

6)      Minimal 5 buku referensi yang dipakai dan buku referensi tersebut merupakan terbitan diatas tahun 2000, tidak termasuk referensi dari URL

Contoh :

Beynon, Paul, and Davies. Database System. New York: The Palgrave Macmillan Division of St. Martin’s Press, 2000.

Mitra Solusi, 2007, Solusi Teknologi Informasi, 16 Januari 2008.

  1. Biodata Penulis

Penulisan biodata penulis seperti Anda membuat Daftar Riwayat Hidup, dimulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat, nama orang tua, pendidikan dan lainnya. Biodata penulis dibuat dalam bentuk paragraph.

  1. Lampiran

Didalam lampiran diberi keterangan tulisan lampiran pada halaman tersebut seperti Lampiran 1, 2, 3 dan seterusnya.

Sumber: https://duniapendidikan.co.id/