Sulitkah Beradaptasi di Sekolah Yang Baru

Sulitkah Beradaptasi di Sekolah Yang Baru

Sulitkah Beradaptasi di Sekolah Yang Baru
Sulitkah Beradaptasi di Sekolah Yang Baru

Menempati sekolah baru bisa jadi merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu, bisa juga jadi sesuatu yang paling ditakuti. Bagi sebagian orang, sekolah baru berarti hal baru, pemandangan baru, teman baru yang pastinya akan menyenangkan. Namun ternyata, banyak juga orang yang berpendapat bahwa sekolah baru adalah suatu hal yang menakutkan. Mulai dari lingkungan baru yang tak senyaman sekolah lama, bayangan tentang para senior yang kejam, adanya peraturan baru yang harus dipatuhi, dan masih banyak hal lainnya. Kedua pendapat itu tidak salah adanya. Dan tentunya, itu semua bergantung pada diri kita sendiri.

Hal yang sangat ditakutkan bagi banyak orang dalam menghadapi lingkungan baru adalah adaptasi. Bagi yang memiliki teman dari sekolah lama, ataupun mungkin yang telah menjadi senior di sekolah yang baru, mungkin proses adaptasi yang dilakui akan menjadi lebih mudah. Namun, bagaimana halnya bila kita tidak mempunyai teman sama sekali di sekolah baru? Hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar bisa kita bisa beradaptasi dengan sekolah baru dan sebaliknya, lingkungan sekolah baru pun bisa menerima kita dengan baik?

Berbaik Sangka

Berbaik sangka terhadap sesuatu yang belum diketahui adalah suatu hal yang wajib hukumnya. Bagaimana tidak, bayangkan energi yang pastinya akan terbuang percuma akibat buruk sangka yang memenuhi pikiran kita. Rugi bukan? Sebaliknya, dengan berbaik sangka otomatis akan membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih rileks dan tanpa kita sadari akan membuat diri kita bersikap lebih natural dalam berinteraksi, serta akan mengikis kekhawatiran kita pada kondisi tak menyenangkan pada lingkungan baru yang harus dihadapi nantinya.

Kenali Lingkungan Baru

Ketidaktahuan atau keterbatasan pengetahuan terhadap lingkungan sekolah baru akan membuat diri kita cemas, khawatir dan bahkan cenderung takut. Dan solusi terbaiknya adalah mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang sekolah baru yang akan kita masuki. Caranya, kita bisa melihatnya dari situs resmi sekolah baru di internet atau dengan bertanya pada kakak kelas yang kita kenal.

Persiapkan Diri

Persiapan diri yang dimaksud adalah lebih ke arah mental. Sekolah baru merupakan sebuah lingkungan yang sudah terbentuk terlebih dahulu jauh sebelum kita masuk, baik dari segi karakter maupun budayanya. Sebagai salah satu upaya yang dapat membantu kita dalam beradaptasi adalah menerima kondisi baru dan mungkin saja berbeda dengan kondisi diri pribadi. Pemahaman pada hal tersebut akan mengarahkan pada tumbuhnya pendewasaan diri dalam menyikapi hal-hal baru yang belum pernah ditemui dan dihadapi di sekolah yang terdahulu.

Mengikuti Peraturan yang Ada

Memasuki sekolah baru berarti kita memasuki suatu institusi yang mempunyai tata aturan tertentu. Peraturan sekolah bisa saja dan sangat mungkin akan berbeda dengan sekolah sebelumnya. Dan mengikuti serta mematuhi peraturan yang ada merupakan cara yang dapat membuat diri nyaman dan memudahkan proses adaptasi di sekolah baru.

Manfaatkan Masa Orientasi Sekolah (MOS)

Masa Orientasi Sekolah (MOS) adalah satu tahapan yang bisa kita manfaatkan untuk mengenal lingkungan sekolah. Tidak usah takut dan hilangkan persepsi buruk terhadap kegiatan MOS yang biasanya identik dengan “perploncoan” dan mengandung unsur kekerasan. Saat ini sudah banyak sekolah yang telah mengemas MOS dengan baik dan bermanfaat bagi siswa baru. Dalam kegiatan itu akan diperkenalkan unsur-unsur lingkungan sekolah, seperti kepala sekolah, staf pengajar atau guru, staf tata usaha, peraturan-peraturan yang berlaku, apa saja kegiatan sekolah, baik yang wajib maupun kegiatan ektrakurikuler, dan sekaligus bisa menjadi momen untuk mendapatkan teman baru.

Beradaptasi di sekolah baru, ternyata tidak sulit bukan? Dan pada dasarnya setiap individu akan memasuki dan menghadapi lingkungan yang baru. Hal ini sudah menjadi suatu proses alam yang berulang-ulang pada setiap individu, ketika melakukan pencapaian terhadap sesuatu. Sehingga dengan menyadari hal tersebut, menjadikan kita manusia yang siap menghadapi segala sesuatu.

Sumber : https://dosen.co.id/