5 CMS Terpopuler 2019 Part 2

5 CMS Terpopuler 2019 Part 2

5 CMS Terpopuler 2019 Part 2
5 CMS Terpopuler 2019 Part 2

 6. Joomla

Joomla! adalah CMS yang bersifat open source dan ditulis dengan kode program PHP dengan dukungan dataabse MySQL. Joomla dapat digunakan untuk keperluan internet dan intranet (lokal network). Versi pertama joomla dirilis pada tanggal 17 September 2005 dengan versi rilis 1.0.0. Kini joomla telah mencapai rilis 3.3.6 dan telah digunakan oleh jutaan website diseluruh dunia. Sifatnya yang gratis dan didukung oleh template dan modul yang banyak tersedia membuat joomla mempunyai banyak peminat meski bukan yang terbaik.

7. eZ Publish

Di peringkat ke 7 ada eZ Publish merupakan CMS dengan lisensi open source enterprise PHP yang dikembangkan oleh perusahaan digital asal Norwegia EZ System. eZ Publish bersifat gratis dibawah lisensi GPL dengan dua versi lisensi termasuk support komersial. eZ Publish diucapkan sebagai “Easy Publish” artinya kemudahan dalam publikasi.

8. MODx

Yot peringkat ke delapan di tempati oleh MODx , merupakan CMS dan aplikasi Framework yang gratis dan bersifat open source. MODx ditulis dengan kode program PHP dan dirilis dibawah lisensi GPL. MODx mendukung penggunaan database MySQL ataupun Microsoft SQL. Pada tahun 2007 MODx dianugerahi penghargaan Packt Publishing’s Most Promising Open Source Content Management System. MODx dibuat oleh Raymond Irving dan Ryan Thrash pada tahun 2007. Kini MODx telah mencapai rilis 2.3.2-pl (MODX Revolution) pada tanggal 21 oktober 2014.

9. Concrete5

Salah satu CMS yang saya suka. Tampilannya menarik, fiturnya banyak, kita bisa mengatur halaman website dengan mudah, setiap fitur dan kontentnya sudah disediakan. Concrete5 adalah CMS gratis dan open source. Concrete5 dirancang untuk kemudahan penggunaan, khususnya untuk pengguna dengan keterampilan teknis minimal. Concrete5 ditulis dengan kode PHP dan dirilis dibawah lisensi MIT Lisensi software.
Concrete5 pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 dan Concrete5 telah menjadi perekat dibalik banyak aplikasi web, situs, toko dan forum dari tahun ke tahun. Nama Concrete yang berarti beton dalam bahasa Indonesia bertujuan agar dapat digunakan untuk membangun sebuah situs dengan mudah tanpa harus ahli dalam pemrograman web.

10. X3 CMS

Diperingkat 10 ada X3 CMS, merupakan CMS yang dirancang untuk simpel namun powerful dalam membangun sebuah website. X3 CMS dapat didownload dan digunakan secara bebas namun beberapa add-on ada yang komersial. Artinya untuk membuat X3 CMS menjadi lebih canggih dan sesuai dengan tujuan bisnis kita harus membayar sejumlah uang.
Baca Artikel Lainnya: