Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Pengertian Berita Menurut Para Ahli
Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Nasution

Menurut Nasution dalam Alief (2008:1), Berita yaitu laporan perihal peristiwa–peristiwa yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifat aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai tokoh terkemuka, akhir insiden tersebut besar lengan berkuasa terhadap pembaca.

Djuraid (2007:9)

Menurut Djuraid, Berita yaitu sebuah laporan atau pemberitahuan mengenai terjadinya sebuah insiden atau keadaan yang bersifat umum dan gres saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa.

Sumadiria (2005:65)

Menurut Sumadiria, Berita yaitu laporan tercepat mengenai pandangan gres atau fakta terbaru yang benar, menarik dan penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media bersiklus menyerupai surat kabar, radio, televisi, atau media internet.

Dean M. Lyle Spencer

Menurut Dean M. Lyle Spencer, Beritaadalah kenyataan pandangan gres yang benar dan bisa menarik perhatian sebagai besar pembaca.

Adi Negoro

Menurut Adi Negoro, Berita yaitu sebuah pernyataan diantara insan yang saling memberitahukan.

J.B Wahyudi

Menurut J.B Wahyudi, Berita yaitu sebuah uraian perihal fakta dan/atau pendapat yang mengandung nilai isu dan yang telah disajikan melalui media massa periodik.

Eric C. Hepwood

Menurut Eric C. Hepwood, Berita yaitu laporan pertama dari insiden penting dan sanggup menarik perhatian umum.

Willard C. Bleyer
Menurut Willard C. Bleyer, Berita yaitu sesuatu yang gres dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga sanggup menarik atau mempunyai makna dan sanggup menarik minat bagi pembaca. (http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/lembaga-agama/)

Neil McNeil
Menurut Neil McNeil, Berita yaitu adonan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.

Catledge Turner
Menurut Catledge Turner, Berita yaitu segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin.

Charles A. Dana
Menurut Charles A. Dana, isu yaitu laporan setiap dikala atau sesuatu yang menarik bagi pembacanya dan isu terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.

Gerarld W. Johnson
Menurut Gerarld W. Johnson, Berita yaitu penyebab dan macam-macam insiden yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi kepuasan hatinya.

Mochtar Lubis
Menurut Mochtar Lubis, Berita yaitu apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.

United Press Nation
Menurut United Press Nation, Berita yaitu segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala manifestasinya.

Micthel V. Charnley
Menurut Micthel V. Charnley, Berita yaitu laporan tercepat dari suatu insiden atau insiden yang faktual, penting dan menarik bagi sebagian besar pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.

Clarence Hach Dan Earl English
Menurut Clarence Hach Dan Earl English, asal ada fakta, interest atau audience, sudah ada isu dan isu menurutnya mengesampingkan syarat penting dan aktualitas.

Robert Tyell
Menurut Robert Tyell, Berita yaitu informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak dan bisa membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.

Kamus Komunikasi

Menurut Kamus Komunikasi, Berita yaitu laoptan mengenai hal atau insiden yang gres terjadi, menyangkut kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa, surat kabar, majalah, radio siaran dan televisi siaran.

James M Neal
Menurut James M Neal, Berita yaitu kecendrungan, kondisi, situasi dan interprestasi.

Douglas Wood Miller
Menurut Douglas Wood Miller, Berita yaitu insiden atau pendapat yang sanggup menyentuh rasa insani yang selalu menjadi menarik perhatian banyak orang.