Pencegahan Rambut Rontok Berlebihan

Pencegahan Rambut Rontok Berlebihan

Pencegahan Rambut Rontok Berlebihan
Pencegahan Rambut Rontok Berlebihan
Kerontokan rambut bagi setiap orang adalah hal yang tidak bisa dihindari, tetapi bagi sebagian orang, kerontokan rambut merupakan masalah yang cukup besar. Kerontokan rambut sebenarnya merupakan sesuatu yang alami, tetapi pada beberapa kasus, kerontokan rambut merupakan tanda bahwa Anda sedang menderita stres, ketidakseimbangan hormon atau infeksi.
Meskipun rambut rontok lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita, itu tidak berarti bahwa metode pencegahan rambut rontok akan berbeda. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kerontokan rambut, sehingga anda dapat memiliki rambut yang indah dan sehat

Tips # 1: Hindari Stres

Orang yang menderita stres yang ekstrim, biasanya akan mengalami rambut rontok, meskipun bersifat sementara. Namun, akan lebih baik jika Anda mencoba untuk menghilangkan atau menekan stress hidup Anda, untuk mencegah rambut rontok. Anda dapat memulai dengan memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup tidur atau makan diet yang tepat. Olahraga yang teratur juga akan membantu Anda menyingkirkan stres kerja yang terkait.

Tips # 2: Berhenti Menggunakan Produk Untuk Rambut Yang Kaya Bahan Kimia

Anda harus tahu, bahwa rambut bisa rusak oleh produk rambut yang mengandung bahan berbahaya. Rambut yang sering dicat atau dikeriting juga dapat mengakibatkan rambut rontok. Bahkan penggunaan shampo dan produk lainnya seperti pada penata rambut, gel atau mousse spray juga dapat merusak rambut Anda, dan menyebabkan rambut rontok. Jika mungkin, pilihlah produk rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya, rosemary vera

Tips # 3: Jenis Jadilah untuk Rambut Anda


Menundukkan kepala pada saat melakukan pekerjaan pewarna rambut serta gaya rambut yang rumit, mungkin dapat membahayakan folikel rambut Anda. Jika anda serius dalam halĀ  pencegahan rambut rontok, pastikan bahwa Anda tidak berlaku “kejam” terhadap rambut Anda.

Tips # 4: Mengenal Sejarah Keluarga Anda


Kerontokan rambut, tidak bisa dihindari, jika didapatkan adanya kecenderungan kebotakan pada keluarga. Pria, khususnya, akan cenderung mengalami kebotakan, karena kecenderungan ini terjadi secara turun temurun. Jika diketahui bahwa Anda memiliki riwayat keluarga yang mengalami kebotakan atau kehilangan rambut, akan lebih bijak jika Anda sudah memulai melakukan perawatan rambut sedini mungkin dan tidak menunggu rambut rontok benar-benar terjadi.

Tips # 5: Konsultasi Ahli Rambut Rontok


Tentu saja, semua tips ini akan sia-sia jika Anda tidak akan meminta pendapat profesional dari para ahli rambut rontok. Para profesional ini pasti bisa membantu Anda dengan rencana pencegahan rambut rontok Anda.