Persamaan Asean dengan Timteng dari Sisi Ekonomi

Persamaan Asean dengan Timteng dari Sisi Ekonomi

Persamaan Asean dengan Timteng dari Sisi Ekonomi
Persamaan Asean dengan Timteng dari Sisi Ekonomi

Untuk sisi ekonomi, pakar politik Indonesia, Dr Philip Jusario Vermonte,

menerangkan bahwa tercatat telah lama terbentuk beberapa kerjasama dan perdagangan yang berlangsung antar ASEAN dengan Gulf Cooperation Council. Serta, antara ASEAN dengan Liga Arab dalam berbagai komoditi perdanganan dan paling utama terkait minyak bumi.

Selain itu, tercatat di tahun 2015, negara di Timur Tengah yang melakukan hubungan perdagangan dengan ASEAN paling banyak adalah UAE, Saudi Arabia, Qatar, Turki, dan Kuwait.

“Sedangkan untuk Asean dengan Jordan, Indonesia yang paling besar,

kemudian Thailand, Malaysia dan Singapura,’’ papar Phillip dalam Kuliah Umum ASEAN bertajuk “ASEAN and the Middle East: Trajectories for Future Relations” yang digelar oleh The Committee of the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Jordan Institute of Diplomacy (JID), dan Kementerian Luar Negeri Jordan pada Selasa (21/10) tersebut.

Dalam segi persahabatan antar regional, bisa saling bertukar pikiran dan budaya antar

pemuda atau mahasiswa dengan mengadakan program tukar pelajar. Dalam hal ini Indoensia salah satu Negara ASEAN yang beberapa tahun kedepan sedang mendapatkan bonus demografi.

Duta Besar Andy Rachmianto tidak lupa menyebutkan bahwa Indonesia sebagai bagian dari ASEAN terus bersama Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. (*)

 

Sumber :

http://www.disdikbud.lampungprov.go.id/perencanaan/apa-itu-frase.html