Hasil UNBK SMAN Siwalima Alami Penurunan Peringkat

Hasil UNBK SMAN Siwalima Alami Penurunan Peringkat

Hasil UNBK SMAN Siwalima Alami Penurunan Peringkat
Hasil UNBK SMAN Siwalima Alami Penurunan Peringkat

Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa SMA Negeri Siwalima Ambon

mengalami penurunan peringkat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana SMA Negeri Siwalima mendapat peringkat pertama.

Dua mata pelajaran (Mapel) yang memberikan kontribusi terjadinya penurunan peringkat pada UNBK tahun 2018 yaitu Matematika dan Fisika,”kata Kepala SMA Negeri Siwalima
Ambon Dra. Paula Tahapary, M.Pd di Ambon, Jumat (4/5/2018).

Menurutnya, dari 71 siswa yang mengikuti UNBK untuk mapel Matematika

perolehan nilai di atas 5,5 (78 persen). Sebanyak 41 siswa yang memperoleh nilai Matematika di atas 5,5.

sementara untuk mapel Fisika, dari sembilan siswa yang memilih mata pelajaran pilihan hanya dua siswa yang mendapat nilai di atas 5,5.

Untuk mapel Kimia dan Biologi dapat dikategorikan sangat baik, karena 20 siswa yang mengikuti UN mapel Kimia semuanya lulus dengan nilai di atas 5,5, sedangkan mapel Biologi yang menjadi pilihan 42 siswa, 39 siswa memperoleh nilai di atas 5,5.

Dikatakan, dengan hasil yang diperoleh siswa demikian maka pihak sekolah akan melakukan evaluasi secara intens untuk di analisa.

Diakuinya, tahun 2018 ini soal-soal UNBK untuk Mapel Matematika sangat sulit

, walaupun dari sisi akademik persiapan terhadap siswa sudah maksimal.

Untuk memperbaiki peringkat selain dari sisi akademik, maka pihak sekolah akan lebih meningkatkan strategi, metode, dan teknik agar ke depan peringkat pertama dapat diraih kembali.

Walaupun SMA Negeri Siwalima mengalami penurunan peringkat, namun ada kabar gembira yaitu para siswa-siswi diterima di perguruan tinggi Nasional maupun Internasional tanpa mengikuti tes.

“Untuk perguruan tinggi Nasional tiga siswa diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB) padahal tahun-tahun sebelumnya hanya satu siswa yang diterima, dan satu siswa juga diterima di Universitas Indonesia (UI), sementara tiga tahun seblumnya SMA Siwalima tidak pernah ada akses ke sana,”ucapnya.

Ditambahkan, sebanyak 15 siswa mendapat beasiswa untuk studi ke Rusia dan terjadi peningkatan yang signifikan, karena tahun-tahun sebelumnya hanya tujuh siswa yang mendapat beasiswa ke Rusia.

15 siswa SMA Negeri Siwalima yang akan studi ke Rusia dengan bidang ilmu yang dipelajari antara lain Migas, Hubungan Internasional, Arsitektur, Teknik Sipil, Kedokteran, Pariwisata, Geologi, dan Arsitektur.

“Selain Universitas di Rusia ada pula Universitas Swasta di Indonesia yang memberikan beasiswa penuh (100 persen) antara lain Universitas Pelita Harapan (UPH) dan Universitas Ekstra Unggul, untuk bidang Farmasi dan Bio Teknologi,”katanya.(TM05)

 

Sumber :

https://chicagobearsjerseyspop.com/niat-mandi-wajib/