Jabar Optimistis Juara, Bidik Menang Tingkat Internasional

Jabar Optimistis Juara, Bidik Menang Tingkat Internasional

Jabar Optimistis Juara, Bidik Menang Tingkat Internasional
Jabar Optimistis Juara, Bidik Menang Tingkat Internasional

BANDUNG – Sebanyak 472 siswa bersaing ketat menjadi yang terbaik di Olimpiade Sains Nasional

(OSN) 2017 tingkat Kota Bandung, kemarin (14/3). Pelaksanaan dilakukan serentak di delapan sekolah negeri di Kota Bandung.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Umum (PSMU) Dinas Pendidikan Jawa Barat Dadang Rahman mengatakan, OSN tersebut memperlombakan sembilan cabang. Di antaranya cabang Ilmu Kebumian dan Geografi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, dan Ekonomi.

Menurut dia, dari Total 472 siswa di Kota Bandung yang mengikuti OSN, yang mengikuti lomba Geografi sebanyak 308 siswa, sedangkan yang mengikuti ilmu Kebumian sebanyak 174 siswa.

”Total siswa dari SMA Negeri terdiri atas 27 sekolah. Sedangkan, dari sekolah swasta sebanyak 38 sekolah,” ungkap Dadang kepada Jabar Ekspres usai pembukaan OSN Tingkat Kota Bandung di SMA 8 Bandung, Jalan Solontongan, Kota Bandung, kemarin (14/3).

Dadang mengatakan, para peserta OSN diharapkan bersemangat dalam mengerjakan soal-soal dengan baik

. Dengan begitu, mereka bsia mewakili Jawa Barat untuk maju ke OSN tingkat nasional yang diadakan tahun ini.

’’Kalau mereka bersungguh-sungguh pasti mereka akan bisa mewakili Jabar ke tingkat nasional,’’ tegasnya.

Dadang memaparkan, jauh-jauh hari dirinya memberikan arahan kepada sekolah untuk bisa mempersiapkan anak didiknya dalam mengikuti lomba ini. Sebab, OSN yang diadakan di semua 27 kota/kabupaten di Jabar.

’’Mudah mudahan mereka bisa tembus hingga ke tingkat internasional untuk mewakili Indonesia

pada 2018 mendatang,’’ harap Dadang.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Bandung Suryana memaparkan, pada lomba OSN ini ada sembilan mata pelajaran yang dilombakan. Namun, mengingat keterbatasan tempat maka lokasi lomba dibagi menjadi lima titik yang tersebar di lima sekolah.

’’Untuk mata pelajaran Geografi dan Kebumian diadakan di SMAN 8, selebihnya di sekolah lain,’’ jelas Suryana.

Rinciannya, Matematika diadakan di SMA 2 Bandung, Fisika di SMA 1 Bandung, Kimia di SMA 4 Bandung, Biologi di SMA 5 Bandung, Ekonomi di SMA 10 Bandung, Komputer di SMA 11 Bandung, dan Astronomi diadakan di SMA 22 Bandung.

Suryana menambahkan, para peserta yang ikut dalam lomba OSN kali ini rata rata kelas 10 dan 11 atau usia 16-17 tahun. Sebab, pada pelaksanaan OSN tingkat Internsional batas usia dibatasi hingga usia 19 tahun. ’’OSN tingkat internasional 2018 nanti, untuk mata pelajaran Geografi akan dilaksanakan di Kanada dan mata pelajaran Kebumian di Thailand,’’ tandasnya.

 

 

Baca Juga :