Pemkot Akan Pindahkan Perpustakaan

Pemkot Akan Pindahkan Perpustakaan

Pemkot Akan Pindahkan Perpustakaan
Pemkot Akan Pindahkan Perpustakaan

SUMUR BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan memintahkan Perpustakaan Daerah

Kota Bandung dari Jalan Caringin ke Jalan Riau. Hal tersebut diungkapakn Emil- sapaan Ridwan Kamil- saat mengisi seminar bertema ’Ngabandungan’ di Pesta Buku Jawa Barat, Jalan Braga, kemarin (7/3).

Menurut dia, pemindahan pusat bacaan ini agar bisa dijangkau seluruh warga Kota Bandung dari berbagai wilayah.

Emil mengungkapkan, dirinya akan meningkatkan gairah literasi bagi masyarakat Bandung.

Hal itu cukup beralasan karena rata-rata masyarakat Indonesia hanya membaca 27 buku setiap tahunnya. Hal ini memuat Indonesia berada di peringkat 60 dalam hal minat baca di seluruh dunia.

Dirinya juga berjanji akan membangun lebih banyak perpustakaan dan taman bacaan. ”Jika minat baca bangsa Indonesia ini sudah rendah maka kecerdasanya pun tidak akan maksimal,” ujarnya.

Dalam kehadirannya di Pesta Buku ini Emil juga mengimbau masyarakat lebih cerdas menyikapi

fenomena di jejaring sosial.

Dia mengutarakan, betapa berbahayanya berita hoax atau berita bohong. ”Saat ini, Indonesia bukan dijajah oleh bangsa lain tetapi melalui berita hoax,” tuturnya. Lalu setelah didata pada 2016, juga cukup banyak berita hoax yang beredar di Indonesia yang menunjukan bahwa bangsa ini sedang bahaya dalam pemberitaan palsu.

”Sekarang jangan dulu percaya dengan berita yang ada, kita harus tabayun (meminta keterangan) dulu lalu cek dan ricek,” ujarnya

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/