Mengajari Anak Membersihkan Kamar Tidur Sendiri

Mengajari Anak Membersihkan Kamar Tidur Sendiri

Memang, bukan urusan yang gampang untuk menciptakan si kecil mau membereskan kamar tidurnya sendiri. Terlebih andai mereka memiliki tidak sedikit mainan, tentu melihatnya berserakan juga sudah menciptakan mereka enggan. Untuk mereka, asalkan nyaman, kamar berantakan juga tak bakal jadi masalah. Namun, bila tersebut terjadi, Anda dapat melakukan cara-cara simpel berikut supaya si kecil mau mencuci kamarnya sendiri.

Mulailah dari Merapikan Mainan

Pendampingan tidak jarang kali menjadi teknik terbaik untuk merayu si kecil mengerjakan sesuatu, termasuk ketika mengajari anak mencuci kamar tidur. Sebagai etape awal, Anda dapat membantu si kecil membereskan mainan-mainannya yang berserakan dan meletakkannya di lokasinya semula. kita juga dapat membuat permainan simpel berupa mengekor jejak supaya si kecil tahu di mana mesti menempatkan mainan-mainannya.

Lanjutkan dengan Merapikan Tempat Tidur

Setelah selesai membereskan mainan, sekarang Anda dapat mengajak si kecil untuk membereskan tempat tidur. Anda dapat memulainya dengan mengajari si kecil bagaimana melipat selimut, lalu mengatur bantal dan guling. Setelah itu, baru mengatur seprai. Jangan tak sempat buka jendela supaya udara segar dapat masuk dan kamar tidak pengap. Jika lokasi tidur telah bersih, ajak si kecil menyaksikan bagaimana kita menyapu lantai kamarnya.

Mainkan Lagu Kesukaan Si Kecil

Saat kita mengajari anak mencuci kamar tidur, tak jarang rasa jenuh dan malas datang secara tiba-tiba. Jika urusan tersebut terjadi, Anda dapat menyiasatinya dengan memutarkan lagu kesenangan mereka. Jika perlu, ajak si kecil berdendang dan berjoget bareng sambil bersih-bersih. Dengan demikian, si kecil bakal kembali gembira dan bersemangat. Bersih-bersih juga jadi tidak membosankan.

Abadikan Semangat Si Kecil Saat Merapikan Kamar

Foto selalu dapat menjadi pengingat terbaik atas seluruh hal yang pernah dilakukan. Anda dapat mengabadikan si kecil yang sedang membereskan kamar tidurnya dan menunjukkannya sesudah selesai. Cetak dan bingkai potret terbaik, kemudian pajang di kamar si kecil. Selain potret saat si kecil berbenah, kita juga dapat memotret suasana kamar si kecil sebelum dan sesudah dirapikan. Kemudian tunjukkan pada si kecil perbedaannya.

Berikan Apresiasi atas Kerja Kerasnya

Kemauan si kecil untuk mencuci kamar istirahat sendiri patut dihargai, lho. Sebagai format apreasiasi, Anda dapat memberikan hadiah berupa mainan kesenangan si kecil atau memasakkan makanan kesukaannya. kita juga dapat mengajaknya jalan-jalan di akhir pekan ke tempat-tempat kesayangan mereka. Pasti, si kecil bakal semakin motivasi untuk membereskan kamarnya.

Sumber : http://www.bookmerken.de/?url=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id