Mengajarkan Anak Tidur Sendiri

Mengajarkan Anak Tidur Sendiri

Memang, mengajarkan anak istirahat sendiri terbilang susah-susah gampang. Namun, urusan itu harus dilazimi sejak dini sebab memiliki tidak sedikit manfaat. Salah satunya ialah melatih anak untuk berdikari dan berani. Nah, untuk para orang tua yang masih kendala untuk mengajarkan anak istirahat secara terpisah, 8 trik inilah ini mungkin dapat Anda coba.

Mulai secara perlahan

Mengajarkan anak istirahat sendiriharus dilaksanakan secara perlahan dan dari jauh-jauh hari. Hindari menakut-nakutinya dengan kisah seram atau ancaman istirahat sendiri dengan destinasi mendisiplinkan anak. Sebaliknya, Anda mesti menyiasati anak supaya mereka merasa hendak sekali dengan kamar barunya. Ajaklah si kecil untuk mengatur kamar tidurnya, mulai dari memilih seprei atau warna cat dindingnya.

Menciptakan keadaan kamar yang menyenangkan

Cara mengajarkan anak istirahat sendiri lainnya yang dapat Anda coba ialah menciptakan keadaan kamar yang menyenangkan. Anda dapat menyiapkan bantal, guling, serta seprei yang bersih dan wangi sampai-sampai anak merasa nyaman ketika berada di atas lokasi tidur. Di samping itu, berikanlah kemerdekaan pada anak guna mempunyai dan menyimpan mainan kesukaannya di dalam kamar.

Hindari Memaksa Anak guna Tidur Cepat

Bunda, hindari memaksa anak untuk istirahat cepat. Sebagai alternatif, Anda dapat menyiasati dengan memajukan jam istirahat malam si kecil. Dengan demikian, persiapan anak pun bakal menjadi lebih santai. Mereka pun tidak merasa terburu-buru dan ingin rileks sebelum memejamkan mata. Di samping itu, kita juga dapat menyempatkan waktu guna membacakan anak dongeng pendahuluan tidur.

Meminimalkan Gangguan

Biasanya, anak-anak bakal semakin susah tidur pada malam hari andai ada tidak sedikit gangguan di kamarnya. Misalnya, cahaya lampu yang terlampau terang, suara TV, dan alat-alat elektronik lainnya. Bagi mengatasinya, Anda dapat mematikan seluruh alat elektronik dan mengobarkan lampu tidur supaya anak bisa dengan gampang memejamkan mata.

Mengatasi Rasa Takut

Beberapa anak ingin enggan istirahat sendiri sebab takut. Tidak butuh khawatir sebab Anda dapat mengatasinya dengan meluangkan hal-hal yang disukainya, laksana boneka atau robot-robotan. Hal itu bertujuan untuk membuat rasa nyaman dan menciptakan mereka merasa lebih terlindungi. Namun, andai anak fobia gelap, Anda dapat menyalakan lampu istirahat yang mempunyai cahaya lembut.

Tegas dan Konsisten

Saat anak tidak dapat tidur, lantas menyusul kita ke kamar, maka ajaklah dengan lembut guna kembali ke lokasi tidurnya sendiri. Luangkan waktu guna menemaninya sebentar sampai dia terlelap. Namun, andai anak merasakan mimpi buruk, Anda dapat meyakinkan bahwa urusan itu tidak nyata dan meyakinkan semuanya baik-baik saja.

Mengatur masa-masa tidur

Anak ingin susah tidur andai mempunyai jam biologis yang berantakan. Oleh sebab itu, Anda mesti meyakinkan mereka istirahat pada waktunya. Jangan memaksa si kecil guna tidur terlampau cepat atau membiarkannya terlampau lama. Aturlah waktu istirahat untuk anak dan biasakan guna menepati jadwal yang sudah ditentukan.

Sumber : http://www.caribbeanweddings.com/click_track.html?r=www.pelajaran.co.id