HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Table of Contents

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
  1. Permohonan untuk mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (“HaKI”) dan permohonan lainnya dibidang HaKI diajukan secara tertulis dalam bahasa Indonesia kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual melalui loket penerimaan di setiap Kantor Wilayah Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
  2. Biaya permohonan HaKI adalah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1999 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Departemen Kehakiman Republik Indonesia.
  3. Pembayaran biaya permohonan disetorkan pada rekening nomor311928974 Bank Rakyat Indonesia Cabang Tangerang atas nama Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
  4. Petugas loket menerima permohonan yang telah memenuhi persyaratan dengan mencantumkan:
  5. tanggal, bulan, tahun serta waktu penerimaan (jam dan menit)
  6.  nomor agenda meliputi kode wilayah, jenis HaKI, tahun dan nomor urut penerimaan.
  7. Kode wilayah sebagaimana yang dimaksud dalam butir 4 huruf b adalah kode wilayah seperti yang ditentukan dalam Surat Edaran Menteri Kehakiman Nomor : A-UM.02.01-24 tanggal 27 Maret 1995.
  8. Kepala Kantor Wilayah atau pejabat yang ditunjuk olehnya membubuhkan tanda tangan dan stempel pada permohonan yang telah diterima.
  9. Pada hari yang sama dengan tanggal penerimaan lengkap permohonan seperti dimaksud dalam butir 4 Kantor Wilayah menyampaikan kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual:
  10. lembar pertama permohonan yang telah diterima sesuai ketentuan butir 4 dengan menggunakan facsimile; dan
  11. berkas permohonan lengkap melalui Pos Tercatat atau fasilitas pengiriman sejenis. Surat menyurat yang berkaitan dengan permohonan HaKI disampaikan oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual kepada pemohon atau kuasanya dengan tembusan kepada Kantor Wilayah yang menerima permohonan tersebut.

Baca Juga