Gudep SMAN 4 Cibinong Berprestasi

Gudep SMAN 4 Cibinong Berprestasi

Gudep SMAN 4 Cibinong Berprestasi
Gudep SMAN 4 Cibinong Berprestasi

SMA Negeri 4 Cibinong sukses menggelar acara Ke­pramukaan pada 14 Februari.

Kegiatan ini berupa musyawarah Gugus Depan alias Gudep. Musyawarah Gudep seba­gai Forum Kekuasaan Tertinggi dalam gerakan pramuka di Gudep didasari UU RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Seperti tertuang secara jelas dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Gerakan Pramuka dan Surat Keputusan (SK) Kwarnas tentang Tata Laksana Organisasi Gerakan Pramuka.

Kepala Kwarran Kecamatan Cibinong, Andri, memberikan apresiasi setinggi

– tingginya kepada Gudep SMAN 4 Cibi­nong yang sudah secara nyata mem­berikan dukungan pada Kwarran Cibi­nong. Sudah banyak prestasi yang telah diraih Gudep SMAN 4 Cibinong pada 2018. Di antaranya menjadi satu-satu­nya Gudep yang memiliki pembina pramuka yang telah memiliki Sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD). “Ada 53 guru yang sudah punya KMD dan ini sudah sesuai Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 bahwa pembina pramuka harus punya sertifikat minimal KMD,” bebernya.

Selain itu, pada 2018 SMAN 4 Cibinong berhasil memperoleh Akreditasi Gudep dengan nilai A. Masih sangat sedikit sekali sekolah tingkat SMA–SMK yang memiliki Akreditasi Gudep di Kabupa­ten Bogor.

Dalam sambutannya, Kepala Mabigus, Elis Nurhayati, menyampaikan, kegia­tan Mugus SMA Negeri 4 Cibinong

ini mengusung tema ”Satukan visi dalam meningkatkan kualitas pembinaan” untuk mengevaluasi pramuka pengurus Gudep pada tahun sebelumnya dan menyusun rencana tindak lanjut dan rencana kerja pada 2019.

Peserta kegiatan Mugus ini berjumlah 68 orang, terdiri dari unsur Mabigus, unsur Gudep dan Dewan Ambalan Soekarno-Ibu Fatmawati “Tak hanya Mugus, sebagai salah satu Gudep terakre­ditasi A di Kabupaten Bogor, SMAN 4 Cibinong juga telah melaksanakan KMD yang diikuti 53 guru dan tenaga admi­nistrasi. Lalu melaksanakan Narakarya 1 persiapan untuk Kursus Mahir Lanju­tan (KML),” ungkapnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/B2G2G8C