Bagaimana mengoptimalkan layanan bus transjakarta

Bagaimana mengoptimalkan layanan bus transjakarta

Bagaimana mengoptimalkan layanan bus transjakarta
Bagaimana mengoptimalkan layanan bus transjakarta

Pemprov sedang mencari cara baru untuk mencegah penerobosan kendaraan pribadi ke jalur bus transjakarta. Tanpa pembersihan jalur bus transjakarta, layanan angkutan massal ini tidak akan efektif.

Bus transjakarta dapat mengangkut 78 juta orang setahun, 14 persen di antaranya adalah mantan pengguna kendaraan pribadi sehingga akan diteruskan sampai koridor X. Namun, Pemprov akan memperbaiki sistem pembayaran kepada operator sebelum menambah dua koridor baru.

Manajemen operasional bus transjakarta juga akan diperbaiki agar jarak kedatangan antarbus tidak terlalu lama dan kondisi bus tidak terlalu penuh. Janji untuk mewujudkan angkutan massal yang cepat dan nyaman akan diwujudkan.

Pemprov juga sedang mengkaji lokasi-lokasi yang memerlukan gedung parkir agar memudahkan pengguna kendaraan pribadi beralih ke bus transjakarta. Sistem angkutan umum untuk pengumpan ke bus transjakarta juga masih dikaji.

Bagaimana kelanjutan MRT, yang seakan-akan tidak ada kemajuan dalam setahun ini?

Pemprov DKI sudah melakukan berbagai persiapan pembangunan MRT, mulai dari pembebasan tanah, penyiapan depo, pembentukan PT MRT, sampai menandatangani nota kesepahaman dengan PLN untuk menyediakan listrik bagi MRT.

Namun, ada bagian pemerintah pusat yang belum dapat dicampuri Pemprov, terutama proses lelang rancangan dasar MRT yang belum selesai.

Saya akan mengundang panitia pengarah (steering committee) MRT dan perwakilan pemberi pinjaman dari Jepang untuk membahas masalah itu. MRT diharapkan selesai dan dapat dioperasikan tahun 2016.

Baca Juga :