Bermain Kayak / Kano

Table of Contents

Bermain Kayak / Kano

Kayak adalah sebuah perahu kecil bertenaga manusia, umumnya dengan bagian depan dan belakang tertutup, sehingga cuma menyisakan lubang seukuran awak. Kayak disempurnakan dengan dayung berkepala tunggal atau ganda.

Kayak awalnya cuma terbuat dari kayu dan digunakan oleh suku Ainu, Aleut dan Eskimo untuk berburu. Sekarang kayak dibikin dari bermacam material sesuai dengan kegunaannya yang semakin bervariasi.
Di sebagian daerah kayak juga dikenal sebagai kano.

Lomba Kayak / Kano
Bermain Kano slalom adalah olahraga pemacu adrenalin yang bertujuan untuk mengendalikan perahu kano atau kayak lewat sekumpulan gawang di atas arus sungai dalam sementara secepat mungkin. Kelas kano pada Olimpiade 2012 ini ada 2, satu cabang kano lain adalah sprint. Ada juga kelas Wildwater kano, tapi tidak dipertandingkan pada Olimpiade.

Peraturannya lumayan simpel, atlit kano tak hanya melawan arus sungai yang deras, dia juga mesti melalui gerbang-gerbang yang di sajikan pada aliran sungai. Jika melalui gerbang, sementara tambahan hukuman tidak akan ditambahkan, tapi kalau menyentuh gerbang atau tidak melalui gerbang maka akan ada sementara tambahan hukuman. Hukuman sementara dua detik untuk menyentuh gerbang dan lima puluh detik untuk tidak melalui gerbang.

Artikel Lainnya : contoh motivation letter

Sejarah Kayak / Kano
Jika dilihat pada awalnya, asal mula Kano dan Kayak di mulai dari sebagian abad yang lalu di sebelah Utara dan Selatan Amerika. Pada sementara itu, masyarakat lokal (orang Eskimo dan orang Indian) biasa membuatnya untuk keperluaan transportasi, memancing dan bertarung. Mereka bergerak disepanjang sungai dengan dayung yang panjang dan terbuat dari kayu.

Bukti arkeologi pertama tentang keberadaan perahu Kano terdapat di dekat Sungai Efrat, di sebuah makam dari Raja Samaria. Relik berikut diperkirakan berumur tidak cukup lebih 6000 tahun. Bentuk dan desainnya lain dari yang biasa dibikin oleh bangsa Indian jadi lebih serupa dengan perahu Kano yang dibikin oleh bangsa Eskimo yang tinggal di Amerika Utara dan Greenland.Pembuatan perahu Kano yang pada awal awalnya digunakan untuk transportasi barang dan orang, berburu, lomba Kano sampai berperang, telah berkembang sejak era batu, dari Samaria sampai Amerika, Oceania dan Australia sampai Greenland dan juga masih banyak lagi.

Perahu kano pada era awal dipahat dari gelondongan kayu atau tulang paus dan kayu apung yang dilapisi dengan kulit senga laut dan lemak paus yang kedap air. Pada awalnya perahu Kano merupakan benda yang rapuh tapi gampang untuk dikendarai, yang saat ini telah berevolusi jadi perahu dengan tampilan yang licin dan cepat. Untuk cabang olahraganya sendiri terdiri dari sebagian macam terkait pada style medan yang dilombakan. Biasanya terbagi jadi tiga:

– Pendayung menghadap ke depan
– Alat dayung tidak terpaut pada perahu
– Sepenuhnya bergerak dengan tenaga manusia.

Untuk mengemudikan sebuah kano, sang atlet mesti mempunyai koordinasi antara gerak sang atlet dengan pendayungnya, perahunya sendiri berperan sebagai pengapung dan airnya sebagai sarana transportasi. Secara internasional, kata “canoeing” sering kali dipakai untuk dua aktifitas, baik Kano maupun Kayak yang terdiri dari sejumlah cabang dan style perahu, sepenuhnya bernaung di bawah instansi International Canoe Federation (ICF)

Desain dan wujud Kayak modern diambil dari Kayak milik bangsa Eskimo dan Greenland namun untuk Kano asli berasal dari Indian Amerika Utara.

Pada abad ke-19, seorang pengacara Inggris, John Macgregor mempelajari Kayak kuno dan mendesain perahu yang sama. Ia sesudah itu menjelajahi sungai-sungai dan danau-danau Eropa dan jadi penulis perjalanan tenar pada jamannya. Ketika petualang lain menyalin desain perahunya, ia mendirikan Royal Canoe Club dan perlombaan Kano pun terasa diselenggarakan pada tahun 1866.Cabang Kayak atau Kano cuma pada lomba Flatwater, yang pertama kali dipertunjukan pada ajang Olimpiade jelas 1924 sebelum saat dilombakan pada tahun 1936. Pada era awal, cabang olahraga ini lebih banyak didominasi oleh bangsa-bangsa Eropa seperti: Jerman, Hungaria, Rumania, Rusia dan Polandia, tapi saat ini tidak lagi.

Harga Kayak / Kano

Kayak Double (K2)
Bahan : Fiberglass
Size : –
Harga : Rp.12.500.000

Kayak Four (K4)
Bahan : Fiberglass
Size : –
Harga : Rp.19.500.000

Kayak Single (K1)
Bahan : Fiberglass
Size : –
Harga : Rp.8.500.000

Canoe Single (C1)
Bahan : Fiberglass
Size :
Harga : Rp.9.000.000

Canoe Double (C2)
Bahan : Fiberglass
Size : –
Harga : Rp.13.000.000

Dragon Boat 20 Pendayung
Bahan : Fiberglass
Size :
Harga : Rp.49.000.000

Dragon Boat 10 Pendayung
Bahan : Fiberglass
Size :
Harga : Rp.39.500.000

Ergo Meter PM 4
Bahan : Import
Size :
Harga : Rp.34.500.000

Bebek Air Seluruh Varian
Bahan : Fiberglass
Size :
Harga : Rp.8.500.000

Dayung Kayak
Bahan : Import
Size :
Harga : Rp.6.500.000

Dayung Canoe
Bahan : Import
Size :
Harga : Rp.6.500.000

Dayung Dragon Boat
Bahan : Kayu
Size :
Harga : Rp.85.000

Baca Juga :