Kembali ke “Link and Match” Lagi?

Kembali ke “Link and Match” Lagi?

Kembali ke Link and Match Lagi
Kembali ke Link and Match Lagi

Keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Nadiem Makarim melahirkan harapan baru lantaran dunia pendidikan

Indonesia yang stagnan membutuhkan sosok progresif dan eksekutor andal seperti Menteri Nadiem. Penilaian dan harapan seperti itu tidaklah salah, terutama ketika kita memahami fungsi pendidikan dalam dimensi prepatoris yaitu mempersiapkan generasi masa depan.

Meski demikian, ada yang perlu dibaca secara seksama terkait tugas yang diberikan Presiden Jokowi saat memilih Menteri Nadiem. “Membuat terobosan-terobosan yang signifikan dalam pengembangan SDM, menyiapkan SDM-SDM yang siap kerja, siap berusaha, yang me-link and match antara pendidikan dan industri,” demikian pesan Presiden Jokowi. Arahan tersebut kembali ditegaskan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas bidang pembangunan manusia dan kebudayaan satu minggu kemudian.

Cetak Biru Politik Pendidikan

Sejarah perkembangan pendidikan di banyak negara hampir tak pernah bebas

dari selubung ideologis dan kekuasaan (Karabel & Halsey, 1977). Hal itu juga terjadi di Indonesia. Kurikulum pendidikan nasional di bawah rezim Orde Lama yang dinamakan Rencana Pelajaran, selain menetapkan Pancasila sebagai azas pendidikan, secara umum menekankan pendidikan watak, bernegara dan bermasyarakat yang berusaha menumbuhkan kesadaran bela negara. Hal itu tentulah berhubungan dengan revolusi yang belum selesai.

Di bawah Orde Baru, tujuan utama pendidikan adalah menghasilkan manusia Indonesia berdasarkan Pancasila

dengan slogan “membangun manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya”. Pelajaran Agama yang pada tahun-tahun sebelumnya bersifat pilihan di sekolah-sekolah umum kemudian diwajibkan penerapannya dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi melalui TAP MPRS Nomor 27 tahun 1966. Hal ini terjadi atas desakan kaum agama yang berseteru dengan kelompok komunis. Selain itu, Penataran P4 menjadi menu wajib di awal tahun akademik untuk menumbuhkan pribadi-pribadi yang berjiwa Pancasila.

 

Sumber :

http://sitialfiah.blogs.uny.ac.id/idle-planet-miner/