Mengendus Mahindra Sampai ke India

Mengendus Mahindra Sampai ke India

Mengendus Mahindra Sampai ke India
Mengendus Mahindra Sampai ke India

Perusahaan otomotif asal India Mahindra tahun ini menunjukkan keseriusannya di Indonesia,

salah satunya dengan meluncurkan pikap Scorpio pada Kamis, (17/10), dengan harapan bisa menyemarakkan pasar otomotif dalam negeri.

Seluruh mata menyoroti kehadiran Mahindra Scorpio karena dengan produk kendaraan komersial itu pabrikan mencoba peruntungan bisnis otomotif di Indonesia.

Mahindra hadir berkat perpanjangan tangan rekan barunya, RMA Indonesia

yang merupakan pemegang layanan purna jual Ford di dalam negeri. Kehadiran RMA Indonesia praktis memutuskan keagenan Tawang Swasti Rawikara sebagai agen pemegang merek Mahindra sejak 2013.

Kehebatan Mahindra masih menjadi tanda tanya sebagian konsumen di dalam negeri, terkait kualitas produk dan kemampuan pabriknya di India memenuhi pasar domestik.

Di tengah munculnya pertanyaan-pertanyaan itu, CNNIndonesia.com mendapat undangan ke India untuk membuktikan kemampuan perusahaan dalam skala global beberapa waktu lalu. Lokasi yang dituju adalah pabrik Mahindra terletak di Chakan, Pune, India.

Lihat juga:Mahindra, Merek Mobil Asal India Resmi Meluncur di Indonesia

Aktivitas pekerja di pabrik Mahindra & Mahindra Ltd, Chakan, Pune, India.

Aktivitas pekerja di pabrik Mahindra & Mahindra Ltd, Chakan, Pune, India. (Foto: Mahindra)
Mahindra & Mahindra Ltd mendirikan pabrik di atas lahan seluas 283,28 hektare dengan kemampuan produksi hingga 320 ribu unit kendaraan tiap tahunnya.

Pabrik itu menghasilkan berbagai jenis kendaraan mulai sport utility vehicle (SUV), multi purpose vehicle (MPV), hingga mobil komersial. Kendaraan tersebut tak hanya diproduksi untuk pasar domestik India, tetapi juga untuk dieskpor ke sekitar 32 negara.

Hasil pengamatan CNNIndonesia.com pabrik terbagi menjadi sejumlah bagian mulai dari press line, welding shop atau tempat pengelasan, body shop atau tempat pengecatan, assembly lines atau jalur perakitan, engine and transaxle, quality control, hingga untuk kebutuhan completely knock down (CKD).

Pabrik tersebut terbilang sudah modern. Sebab, dalam proses pembuatan komponen mobil, tak hanya mengandalkan tenaga manusia saja, tetapi juga mengandalkan kecepatan robot.

Para pekerjanya dituntut untuk disiplin dalam mematuhi setiap aturan perusahaan demi keselamatan bekerja.

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/