Sepakat Administrasi Guru Dipangkas

Sepakat Administrasi Guru Dipangkas

Sepakat Administrasi Guru Dipangkas
Sepakat Administrasi Guru Dipangkas

ejumlah pihak sekolah di Kota Bekasi sepakat soal rencana pemerintah untuk memangkas administrasi guru. Adanya pemangkasan, diyakini proses belajar mengajar akan lebih efektif.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi Margo Cahyono mengatakan

, beban administrasi yang ada saat ini berupa silabus dan turunannya. Ia mencontohkan seperti program tahunan (Prota), program semester (Promes), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), penentuan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan sistem penilaian (Kognitif).

”Beban administrasi guru di sekolah itu cukup banyak dan setiap aspeknya terdiri dari berbagai indikator penilaian yang banyak,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (27/11).

Dalam hal penyelesaian administrasi ini, kata dia, cukup merepotkan dan sangat menyita waktu guru. Sebab, sistem pengisiannya harus melalui penyesuaian rencana program sekolah.

Dengan demikian, perlu diperhitungkan dengan cermat dan mesti dikerjakan di luar jam mengajar.

”Semua beban administrasi itu harus saya kerjakan di luar jam bekerja saya yaitu dirumah, karena itu adalah salah satu kewajiban yang harus diselesaikan,” tuturnya.

Beban administrasi guru berdampak kurang efektif terhadap proses belajar mengajar. Pasalnya, selain harus menyelesaikan administrasi, setiap guru juga perlu memberikan penilaian dengan berbagai instrumen kepada siswa seperti nilai pengetahuan, psikomotor, dan sikap.

”Kurang begitu efektif jika harus benar-benar dikatakan dalam include pembelajaran, karena itu beban administrasi yang cukup melebar,” katanya.

Pemangkasan administrasi guru dianggap penting. Dengan demikian memberikan keleluasaan

waktu dalam sistem pembelajaran di dalam kelas agar dapat memperhatikan perkembangan peserta didik terutama moral dan akhlaknya.

”Ini sangat penting, lebih utamanya jika administrasi itu dapat disederhanakan, maka sistem pembelajaran di dalam kelas akan cukup lebih efektif,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/