CD ROM/ Compact Disc-Read Only Memory

CD ROM/ Compact Disc-Read Only Memory

CD ROM Compact Disc-Read Only Memory
CD ROM Compact Disc-Read Only Memory

Bentuk penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 megabyte) dan penggunaan laser optic, bukan magnetik, untuk membaca data.

 

Chip

Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.

 

 

Computer Graphics Interface/ CGI

Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.

 

Complier

Sebarang program yang mengubah kumpulan simbol ke kumpulan lain dengan mengikuti sintaksis, atau sebuah program yang menerjemahkan seluruh kod sumber suatu program, yang ditulis dalam bahasa program tingkat tinggi ke dalam kod objek sebelum program dieksekusi.

 

Crash

Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.

 

 

CRT/ Cathode Ray Tube

Merupakan asas atau nama teknik dari layar televisyen atau layar tampilan sebuah mikrokomputer.

 

Config.sys

Sebuah fail teks khusus yang mengendalikan aspek perilaku sistem operasi dalam komputer PC.

 

COM

Nama alat logik untuk komunikasi, merupakan nama sejumlah port serial (COM1, COM2, COM3, dan COM4) dalam komputer PC melalui perintah sistem operasi DOS. Jika sebuah modem dihubungkan ke salah satu port lain, maka peralatan tersebut ditetapkan sebagai COM1, dan COM2 oleh sistem operasi.

 

 

Coaxial

Suatu gulung kabel yang menggunakan dua konduktor, sebuah kawat pusat di dalam sebuah pelindung silinder yang dihubungkan dengan tanah/ bumi.

 

Cray

Sebutan untuk jenis komputer yang besar dan cepat, sebesar almari es, 64-bit, kecepatan 165 MHz.

 

Daisy-wheel Printer

Printer yang menggunakan elemen logam atau plastik berbentuk seperti roda atau bunga aster (daisy) dengan tonjolan karakter di setiap ujung jari-jarinya. Cara kerjanya dengan mengetukkkan logam berhuruf timbul ke pita yang menyentuh kertas di bawahnya seperti mesin ketok.

 

Data compression

Memadatkan data atau informasi pada suatu fail agar penyimpanan lebih efisien

 

Desktop Publishing

Proses membuat dokumen cetakan yang seolah-olah dihasilkan secara profesional, meskipun sesungguhnya hanya menggunakan sebuah komputer PC yang dapat mengoperasikan teks dan grafik dan dapat dicetak pada printer berkualiti tinggi.

 

Dial Access

Komunikasi yang dapat diakses melalui fasiliti/kemudahan hubungan antara jaringan yang dihasilkan melalui jalur telefon biasa .

 

DRAM (Dynamic RAM)

Bentuk RAM (Random Access Memory) semikonduktor yang dapat dibaca dan ditulis oleh prosesor atau piranti lainnya. Lokasi penyimpanan data pada rangkaian terpadu (chip) yang mengandung kapasitor dengan kapasiti lebih besar.

 

Download

Proses hantar salinan fail dari komputer jauh ke komputer pemanggil dengan pertolongan modem atau jaringan.

 

DOS

Sinngkatan dari Disk Operating System atau Sistem Pengoperasian Disket/Cakera. Adalah program atau aturcara yang membolehkan komputerberoperasi

 

DBMS

Singkatan dari Data Base Management System atau sistem manajemen asas data. Adalah sebuah lapisan peringkat lunak di antara asas data fisik dan pengguna. DBMS mengatur seluruh permintaan untuk tindakan asas data (seperti pembaruan) dari pengguna.

 

EDO RAM/ Extended Data Out RAM

Chip RAM yang menyertakan komponen logik yang mengorganisi aliran data keluar yang menawarkan aliran data lebih cepat bila ada permintaan dengan susunan berurutan.

 

Expansion Bus

Bus ekspansi adalah slot-slot yang terdapat pada motherboard, dipakai sebagai penghubung motherboard dengan card- card komputer.

 

Encryption/ Enkripsi

Proses pembuatan informasi yang tidak dapat dibaca untuk memproteksi informasi dari pengguna yang tidak sah, khususnya selama transmisi atau ketika informasi tersebut disimpan pada medium magnetik yang boleh diangkat-angkat.

 

Ethernet

Kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh perusahaan DEC, Intel dan XEROX yang menggunakan topologi (konfigurasi) bus dan mengandalkan pada bentuk akses yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) untuk mengatur lalu lintas pada jalur komunikasi utama.

 

Feature

Kemampuan, atau sifat yang unik, menarik, atau yang diinginkan atau diberikan dari sebuah program atau komputer atau hardware lainnya.

 

Firewall

Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan ‘dinding pembatas’ agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.

GIF/ Graphics Interchange Format

Fail format untuk mengkompres dan menyimpan grafik yang di uploaded (dikirim) ke online services.

Baca Juga :