kegunaan Bunga Echinacea untuk Kesehatan

kegunaan Bunga Echinacea untuk Kesehatan

Manfaat bunga echinacea kini jadi dikenal karena bagus untuk kesegaran kulit. Bunga yang terhitung dikenal bersama dengan nama purple coneflower ini digunakan sebagai obat herbal yang ampuh untuk menanggulangi pilek.

Selain untuk kecantikan kulit dan pilek, khasiat bunga echinacea tak kalah ampuh untuk menanggulangi bermacam macam penyakit. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Bunga Echinacea?
Echinacea adalah bunga asli Amerika Utara yang digunakan sebagai obat herbal selama lebih dari ratusan tahun oleh suku Indian asal dataran Great Plains. Bunga echinacea digunakan untuk ramuan yang terbuat dari bunga, daun dan akarnya.

Bunga ini menyerupai aster bersama dengan kepala putik yang menonjol dan memiliki mahkota bunga berwarna ungu atau ungu muda.

Echinacea memiliki sembilan jenis, tapi hanya tiga yang digunakan untuk pengobatan, di antaranya Echinacea angustifolia (berdaun kecil), Echinacea pallida (berwarna ungu muda), dan echinacea purpurea (berwarna ungu).

Penelitian udah mengaitkan fungsi bunga Echinacea dan senyawanya bersama dengan bermacam khasiat bagi kesehatan, seperti kurangi peradangan, meningkatkan imunitas dan menurunkan kandungan gula darah.

Manfaat Bunga Echinacea
Bunga Echinacea mampu dikonsumsi dalam bentuk teh, tablet, salep, kapsul, dan ekstrak. Ada banyak fungsi Echinacea untuk menanggulangi bermacam kasus kesehatan, selanjutnya di antaranya:

1. Mengatasi Flu
Flu merupakan ketidaknyamanan bagi sebagian orang, tapi bagi yang lain justru mampu berbahaya. Itu sebabnya dokter menganjurkan untuk beroleh vaksin flu tahunan. Guna sebagai obat herbal yang mampu menunjang kondisi tertentu, ternyata fungsi bunga Echinacea dalam bentuk teh efisien dalam kurangi intensitas tanda-tanda flu.

Penelitian udah menunjukkan bahwa bunga Echinacea mampu kurangi bisa saja terkena flu hingga 58 % dan kurangi periode hingga satu hingga empat hari. Mengonsumsi Echinacea secara teratur terhitung mampu menunjang vaksin flu agar lebih efisien dalam menghambat penyakit.

2. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah
Sifat antioksidan dari Echinacea purpurea cukup unik. Sebuah penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa kandungan Echinacea dalam aliran darah mampu menunjang menjaga gula darah tidak meningkat jikalau menderita diabetes atau pradiabetes.

Manfaat bunga Echinacea terhitung mampu menghambat gula darah berkurang atau hipoglikemik. Ini pasti bukan pengganti terapi insulin atau perawatan diabetes lainnya.

Tetapi meminum teh Echinacea atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen adalah keliru satu cara yang mampu menunjang mengontrol kandungan gula dalam darah.

3. Mengurangi Peradangan
Berkata sifat anti-inflamasi yang udah dibuktikan secara klinis, fungsi bunga Echinacea udah direkomendasikan sebagai penyembuhan untuk rheumatoid arthritis, maag, penyakit Crohn, dan kondisi lain yang disebabkan atau diperburuk oleh peradangan.

Senyawa aktif terhadap Echinacea bekerja dalam tubuh untuk menjaga agar respons peradangannya senantiasa rendah. Ini menunjang dalam penyembuhan bermacam kasus yang terkait bersama dengan peradangan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Selain untuk kecantikan kulit, Echinacea terhitung dikenal karena mampu menunjang meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Sejumlah penelitian udah menemukan bahwa tanaman ini menunjang meningkatkan sistem kekebalan dalam melawan infeksi dan virus, yang menunjang sembuh lebih cepat dari penyakit.

Itulah keliru satu alasan mengapa tanaman cantik ini sering digunakan untuk menghambat atau mengobati flu biasa.

5. Membantu Pertumbuhan Sel yang Sehat
Obat herbal apa pun atau makanan yang memiliki kandungan antioksidan mampu menunjang melakukan perbaikan sel-sel yang rusak. Antioksidan mampu menghilangkan racun (radikal bebas) yang mampu merusak sel-sel sehat secara prematur.

Minum teh Echinacea atau dalam sediaan suplemen yang berkwalitas tinggi untuk menunjang pertumbuhan sel sehat dalam tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah
Selain teh, bunga Echinacea dalam bentuk suplemen berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Ini karena Echinacea memiliki kuantitas senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi untuk menunjang hipertensi.

Efek dari penyembuhan untuk kegalauan terhitung mampu menunjang mengendalikan tekanan darah tinggi.

7. Mengatasi Kecemasan
Manfaat bunga Echinacea udah diuji sebagai suplemen anti-kecemasan dan terbukti efektif. Ini karena ekstrak bunga Echinacea menyesuaikan sinapsis yang menunjang mengirimkan sinyal antara tubuh dan otak.

Meskipun tidak mampu menyingkirkan refleks rasa kuatir yang dialami penderita serangan kecemasan, hal ini mampu kurangi dampak fisik dari kegalauan dan menunjang Anda jadi lebih tenang.

Jadi, bunga Echinacea mampu jadi ramuan yang amat baik bagi mereka yang berjuang melawan kecemasan.

8. Mengurangi Risiko Kanker Payudara
Manfaat bunga Echinacea terhitung mampu menunjang kurangi risiko dari bermacam jenis kanker.

Perawatan kanker seperti kemoterapi condong melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh sebagian sel sehat dalam tubuh, tapi dikala minum teh bunga Echinacea mampu menunjang menanggulangi sebagian dampak samping tersebut.

Echinacea terhitung udah diteliti sebagai penyembuhan untuk kanker payudara. Hasilnya bahwa ekstrak bunga Echinacea mampu memperlambat pertumbuhan sel tumor jahat dan menghambat kekuatan kanker untuk menyebar.

Tentu bunga ini cocok sebagai obat pencegahan kanker, khususnya bagi orang yang memiliki keluarga bersama dengan riwayat kanker payudara. Namun, khasiatnya masih butuh banyak penelitian lebih lanjut.

9. Melawan Infeksi
Bunga Echinacea terhitung merupakan obat yang luar biasa untuk menanggulangi bermacam infeksi. Menurut National Institutes of Health (NIH), meminum ramuan Echinacea atau mengoleskan obat ini dalam bentuk krim terhadap kulit mampu menurunkan tingkat infeksi vagina yang berulang hingga 16 persen, dibandingkan hanya minum obat.

Bunga Echinacea terhitung dikenal mampu menunjang sebagian kondisi berikut:

Penyakit gusi
Infeksi aliran darah
Penyakit tifus
Malaria
Herpes kelamin
Sipilis
Infeksi saluran kemih
Infeksi jamur vagina
10. Mengatasi Masalah Kulit
Manfaat bunga Echinacea seterusnya mampu menunjang menjaga bermacam kasus kulit, keliru satunya jerawat.

Menurut sebuah penelitian tabung reaksi, para ilmuwan menemukan bahwa sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam Echinacea mampu menghimpit pertumbuhan Propionibacterium, keliru satu penyebab jerawat.

Sementara dalam penelitian lain terhadap 10 orang sehat berusia 25 hingga 40 tahun, produk perawatan kulit yang memiliki kandungan ekstrak Echinacea mampu meningkatkan kelembaban kulit dan kurangi keriput.

Begitupun krim yang memiliki kandungan ekstrak Echinacea purpurea yang udah menunjukkan manfaatnya dalam meningkatkan tanda-tanda eksim dan menunjang menjaga kulit.

Efek Samping Bunga Echinacea
Meski fungsi bunga Echinacea amat bagus untuk kesehatan, tapi bunga ini mampu menimbulkan sebagian dampak samping jikalau amat banyak mengonsumsinya.

Berikut sebagian dampak sampingnya:

Ruam
Kulit gatal
Sesak napas
Sakit perut
Mual
Pembengkakan
Dosis dan Cara Mengonsumsi Bunga Echinacea?
Obat dari bunga Echinacea tersedia dalam bentuk teh, ekstrak, tablet, salep, dan kapsul. Jika lebih menyukai penyembuhan dalam bentuk teh, Anda mampu memakai sebanyak empat gram (dua sendok teh) akar Echinacea kering yang direbus dalam satu gelas air.

Sebagai pencegahan, direkomendasikan minum dua hingga tiga gelas per hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh senantiasa terjaga. Ketika udah sakit, minum lima gelas dalam sehari.

Jika memakai Echinacea untuk menunjang gula darah, tekanan darah, atau kecemasan, gunakanlah satu atau dua cangkir teh per hari.

_

Meski berfaedah untuk kesegaran tubuh, tapi keefektivitasan obat herbal ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Perlu diperhatikan pula bahwa penyembuhan alami ini sebagian besar hanya mampu meredakan gejalanya saja.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsinya sebagai pencegahan atau pengobatan, sebaiknya berkonsultasi khususnya dahulu bersama dengan dokter tentang dosis, alergi, atau kondisi medis yang sedang diderita.

Baca Juga :