Membangkitkan Motivasi Siswa

Membangkitkan Motivasi Siswa

Membangkitkan Motivasi Siswa

Motif adalah daya dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan sesuatu, keadaan seseorang atau organisame yang menyebabkan kesiapannya untuk memulai serangkaian tingkah laku atau perbuatan. Sedangkan motivasi adalah sesuatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.

Tugas guru adalah membangkitkan motivasi anak sehingga ia mau melakukan belajar. Motivasi dapat timbul dari dalam diri individu dan dapat pula timbul akibat pengaruh dari luar dirinya, hal ini di uraikan sebagai berikut:

  1. Motivasi Instrinsik

Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan atau dorongan dari orang lain, tetapi atas kemauan sendiri.

  1. Motivasi Ekstrinsik

Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan,suruhan dari orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian ia mau melakukan sesuatu atau belajar.

Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru hendaknya berusaha dengan berbagai cara.cara membangkitkan motivasi ekstrinsik dalam menumbuhkan motivasi intrinsic yaitu:

–            Kompetisi ( persaingan)

–            Pace making ( membuat tujuan sementara atau dekat)

–            Tujuan yang jelas

–            Kesempurnaan untuk sukses

–            Minat  yang besar

–            Mengadakan penilaian atau tes.


Sumber: https://superforex.co.id/golden-axe-classic-apk/