Algolia mendapatkan CEO baru saat pendiri turun

Algolia mendapatkan CEO baru saat pendiri turun

 

Algolia mendapatkan CEO baru saat pendiri turun
Algolia mendapatkan CEO baru saat pendiri turun

Startup search -as-a-service Algolia mengumumkan beberapa perubahan di pucuk startup. Co-founder dan CEO Nicolas Dessaigne sedang beralih ke peran non-operasional di perusahaan. Dia masih akan menjadi anggota dewan, tetapi Bernadette Nixon bergabung dengan perusahaan untuk mengambil posisi CEO.

Algolia sedang membangun API mesin pencari. Perusahaan tidak ingin membangun Google berikutnya. Alih-alih, ia ingin memberi daya pada kotak pencarian di situs web atau aplikasi Anda dengan hasil pencarian huruf-demi-huruf instan.

Perusahaan ini mengelola fitur pencarian di Slack, Stripe, Under Armour, Twitch dan 9.000 perusahaan lainnya. Pada laju saat ini, Algolia memproses 1,2 triliun pencarian setahun. Perusahaan mengatakan menyentuh 1 dari 6 pengguna web setiap hari.

“Cerita dimulai tepat setelah Seri C,” kata Dessaigne kepada saya. Algolia mengumpulkan putaran Seri C senilai $ 110

juta pada akhir tahun 2019. “Saya sangat bersemangat tetapi yang paling menarik bagi saya adalah potensi perusahaan.”

“Seseorang dengan lebih banyak pengalaman masuk ke pasar mungkin akan menjadi orang yang lebih baik dalam mencapai potensi itu,” lanjutnya.

Saya bertanya lebih langsung apakah keputusan untuk menggantikannya sebagai CEO berasal dari dewan perusahaan atau tidak. “Itu benar-benar dimulai dari sisi saya. Dewan mendukung keputusan itu tetapi tidak datang dari mereka, ”katanya.

Nixon sebelumnya adalah CEO Alfresco , perusahaan yang mengembangkan startup manajemen konten perusahaan open source yang diakuisisi oleh perusahaan ekuitas swasta Thomas H. Lee Partners pada tahun 2018 . Di masa lalu, ia memegang berbagai posisi sebagai kepala pendapatan, wakil presiden eksekutif penjualan dan wakil presiden senior penjualan perusahaan di berbagai perusahaan perangkat lunak.

Seperti yang Anda lihat, Nixon memiliki banyak pengalaman dalam hal penjualan dan operasi secara umum.

Pengalamannya akan sangat berharga dalam hal meningkatkan startup.

“Saya senang menjadi bagian dari tim Algolia dan memimpin perusahaan pada hari ini,” kata Nixon kepada saya. Accel, perusahaan VC yang memimpin putaran Seri C di Algolia, juga seorang investor di Alfresco.

Transisi akan memakan waktu beberapa bulan dan Dessaigne akan bertahan hingga Juli. Dia mengatakan bahwa dia tidak memiliki rencana konkret tentang apa yang akan dia lakukan selanjutnya.

Selama setahun terakhir, Algolia telah meningkatkan perekrutan eksekutif. Jean-Louis Baffier bergabung sebagai

chief revenue officer, Ashley Stirrup bergabung sebagai chief marketing officer, Kristie Rodenbush bergabung sebagai chief people officer dan Iain Hassall bergabung sebagai chief financial officer. Dengan kata lain, Algolia sedang tumbuh dan bersiap untuk fase selanjutnya. Sekarang mari kita lihat apakah itu mengarah ke IPO atau akuisisi oleh pemain yang lebih besar.

Baca Juga: