Apa 2 bulan terakhir penggalangan dana memberi tahu kita tentang masa depan

Apa 2 bulan terakhir penggalangan dana memberi tahu kita tentang masa depan

 

Apa 2 bulan terakhir penggalangan dana memberi tahu kita tentang masa depan
Apa 2 bulan terakhir penggalangan dana memberi tahu kita tentang masa depan

Bagi banyak startup yang ingin mendapatkan dana, pasar penggalangan dana telah menjadi semacam roller coaster. Walaupun ada tanda-tanda yang seharusnya membuat pendiri merasa sangat optimis (lebih banyak tentang itu di sini), penting untuk mengetahui bagaimana kita sampai pada titik ini.

Kami telah menggunakan data dari DocSend Startup Index 2020 untuk melacak tiga metrik utama untuk menunjukkan kepada kami tren waktu nyata di pasar penggalangan dana. Dengan menggunakan data agregat dan anonim yang diambil dari ribuan interaksi pitch deck di seluruh platform DocSend, kami dapat melacak penawaran dan permintaan di pasar, serta kualitas interaksi pitch deck.

Dua metrik utama yang akan kita bahas adalah Pitch Deck Interest dan Founder Links Created. Bunga Pitch Deck diukur dengan jumlah rata-rata interaksi pitch deck untuk setiap pendiri yang terjadi di platform kami per minggu, dan merupakan proksi yang bagus untuk permintaan. Tautan Pendiri Dibuat adalah berapa banyak tautan unik yang dibuat pendiri ke geladak mereka setiap minggu; karena setiap orang yang Anda kirim dokumen ke dalam DocSend mendapat tautan unik, kita dapat menggunakan ini sebagai proksi untuk permintaan dengan melihat berapa banyak investor yang dikirimkan oleh seorang pendiri.

Saat melihat apa yang terjadi tahun ini, kita berpotensi melihat ke mana arah pasar.

Januari dan Februari dimulai dengan awal yang menderu
Kita semua tahu 2018 adalah tahun yang hebat untuk penggalangan dana startup. Dan itu dapat dilihat pada berapa banyak deck pitch yang dikonsumsi per pendiri di platform kami. Bahkan, Q1 tahun 2018 memposting sembilan dari total mingguan tertinggi di semua 2018 dan 2019. Permintaan investor tinggi dan ada banyak modal untuk digunakan. Tetapi sementara 2020 tidak keluar dari gerbang sebagai kuat, permintaan mulai mendapatkan momentum pada Februari. Faktanya, minggu 10 Februari benar-benar melampaui permintaan pada minggu yang sama tahun 2018 dan merupakan 19% lebih cepat dari 2019.

Tetapi pasar penggalangan dana bukan jalan satu arah, perlu ada pasokan yang stabil dari pitch deck yang dikirim

oleh para pendiri untuk memenuhi permintaan investor. Selama Q1 tahun 2018, para pendiri bersikap konservatif dalam mengirimkan deck pitch mereka (mungkin bukan kebetulan bahwa ini adalah ketika kita mulai melihat banyak “putaran mega,” karena pasokan jauh lebih sedikit daripada permintaan). Namun, para pendiri mulai merangkul lebih banyak investor pada 2019, menghasilkan lebih banyak minat dan persaingan untuk perusahaan mereka. Kami melihat lompatan besar dalam tautan yang dibuat dalam dua bulan pertama tahun 2020 dan memuncak pada peningkatan 41% dari tahun ke tahun selama minggu 27 Januari. Menurut data, 2020 berada pada kecepatan untuk menyamai kegiatan penggalangan dana dari 2018.

Ketika segalanya terhenti
Meskipun jelas trennya bergerak menuju tahun blockbuster lain untuk penggalangan dana, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Kami melihat penurunan pertama dalam minat investor pada minggu 24 Februari, sama seperti orang-orang menjadi lebih sadar akan ancaman COVID-19 yang sangat nyata. Bahkan, aktivitas pendiri sebenarnya mulai menurun pada minggu 17 Februari. Sementara dua minggu pertama bulan Maret melihat awal dari pergeseran pasar (dua minggu pertama bulan Maret turun hampir 12% dibandingkan dengan dua minggu pertama bulan Februari), minggu tanggal 16 Maret adalah ketika kita melihat penurunan besar.

Minggu 16 Maret memperlihatkan minat pitch deck turun lebih dari 20% dan tautan dibuat turun lebih dari 21% dari ketinggian 2020 di Februari. Ini juga merupakan minggu di mana banyak tempat mengadopsi tempat berlindung atau perintah sosial lainnya. Itu juga ketika dampak ekonomi mulai mempengaruhi banyak perusahaan, dengan VC menghabiskan lebih banyak waktu dengan perusahaan portofolio mereka ketika krisis COVID-19 meningkat. Faktanya, empat hari terburuk tahun 2020 untuk Pitch Deck Interest (selain pada minggu pertama Januari) adalah: 19 Maret, 6, 12, dan 20.

Apa yang bisa dikatakan April tentang mencari normal baru
Setelah penurunan awal di bulan Maret, pendiri dan VC bangkit kembali dengan cukup cepat. Bahkan, minggu depan bunga VC meningkat 10% sementara jumlah Pendiri Link Dibuat meningkat 12%. Namun, selama beberapa minggu berikutnya jumlah tautan yang dibuat oleh pendiri tetap datar atau turun. Tapi itu tidak berlaku untuk VC. Permintaan untuk pitch deck naik terus sepanjang minggu 20 April, yang naik 25% dari tahun ke tahun. Faktanya, tujuh dari 10 hari terbaik untuk Pitch Deck Interest pada tahun 2020 adalah pada bulan April.

Mungkin ada banyak alasan pendiri tidak mengirimkan deck mereka dengan semangat mereka pada bulan Januari

dan Februari. Banyak yang menyesuaikan model bisnis mereka dan rencana untuk memperhitungkan lingkungan baru, beberapa khawatir mereka mungkin diminta untuk mengubah penilaian atau permintaan mereka dan yang lain lagi bekerja dengan investor mereka saat ini daripada mencari lebih banyak modal dari luar.

Apa yang kita tahu adalah bahwa minat investor setara awal tahun ini melebihi 2018, dan investor hanya mengambil jeda singkat untuk menyesuaikan pada bulan Maret ketika pandemi melanda. Itu berarti ada banyak modal yang siap untuk digunakan, dan sebanyak minat investor seperti awal tahun ini. Namun, pendiri masih menyesuaikan dengan kondisi pasar yang baru. Ini berarti pasar penggalangan dana mulai terlihat sangat mirip dengan yang terjadi pada awal 2018, dengan minat investor tinggi, tetapi pasokan pendiri tidak cukup memenuhi permintaan. Ini adalah kabar baik bagi para pendiri, karena sebagian dari ketakutan mereka akan persyaratan yang kurang menguntungkan mungkin tidak benar-benar menjadi kenyataan.

Fase selanjutnya untuk pendiri

Ada banyak alasan untuk optimis tentang apa yang akan terjadi beberapa bulan ke depan bagi para pendiri

(lebih lanjut tentang itu di sini). Kami memperbarui metrik Pitch Deck Interest kami setiap minggu pada hari Senin, sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan waktu nyata tentang apa yang terjadi di pasar penggalangan dana. Dan sementara minat investor tampak teoretis, kami telah menyusun Daftar VC Aktif untuk menunjukkan investor mana yang mengambil rapat dan menulis lembar term. Sementara perusahaan yang menerima pendanaan sekarang mungkin berbeda dari mereka hanya beberapa bulan yang lalu, itu masih terlihat seperti tahun yang lantang dalam hal investor yang ingin melakukan transaksi.

Sumber:

https://konveksipekanbaru.co.id/seva-mobil-bekas/