Cara Memaksimalkan Waktu Agar Lebih Produktif

Manajemen waktu adalah salah satu hal yang paling sulit bagi kebanyakan orang. Apa pun profesi Anda, manajemen waktu yang lebih baik sangat penting untuk membuat waktu Anda lebih produktif. Salah satu cara terbaik untuk mengatur waktu dikenal sebagai teknik Pomodoro.

Apa itu Pomodoro dan apa manfaatnya bagi orang lain? Pada artikel ini, saya akan mengulas secara singkat teknik Manajemen saat ini.

Untuk teman-teman blogger online atau orang-orang yang sering berurusan dengan komputer / laptop dan perangkat lain, konsentrasi kita sering terganggu oleh hal-hal lain yang tidak terkait. Benar?

Untuk mengantisipasi waktu yang tidak berguna, kita dapat menggunakan teknik Pomodoro. Teknik ini akan membantu kita menjadi lebih produktif. Penjelasan lebih lanjut.

Memperkenalkan teknik Pomodoro dengan lebih baik

Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu di mana kami melakukan tugas dengan membaginya menjadi blok lebih dari 25 menit. Ada jeda 5 menit antara setiap blok waktu. Dan setiap 4 blok waktu telah berlalu, maka kita dapat menghabiskan lebih banyak waktu.

Teknik manajemen waktu ini ditemukan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1992. Francesco Cirillo adalah seorang pengusaha, pengembang dan penulis.

Kata Pomodoro berasal dari bahasa Italia, dalam bahasa Indonesia itu berarti tomat. Francesco Cirillo memberi tekniknya nama “Pomodoro” karena pada saat ia membagikannya ternyata berbentuk tomat. Wiraswasta ini bekerja ketika ia masih kuliah.

Apa, lalu bagaimana keseimbangan metode manajemen waktu dari teknik Pomodoro ini?

Artikel lainnya: 7 tips manajemen waktu untuk bekerja dari bawah ke atas

1. Kami bekerja tepat waktu
Banyak orang masih berpikir bahwa waktu adalah musuh. Ini bekerja seperti berpacu dengan waktu.

Teknik Pomodoro ini mengajarkan kita untuk bekerja tepat waktu. Kita dapat mengatakan bahwa teknik Pomodoro ini adalah metode manajemen waktu yang revolusioner, karena dapat meningkatkan produktivitas.

2. Kami tidak panik di tempat kerja
Diperkirakan bahwa banyak orang sering panik karena mereka tidak dapat dipekerjakan tepat waktu. Dengan menggunakan teknik Pomodoro ini, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang masalah tangan.

Sangat penting untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Anda bisa bekerja lebih fokus dan tidak panik, sehingga Anda bisa beristirahat di waktu yang tepat.

Teknik Pomodoro mengajarkan kita bagaimana menyelesaikan waktu pada suatu waktu, menyerah secara teratur sehingga kita tidak sakit dan tidak bekerja dengan stres.

3. Kita perlu mengelola gangguan
Blogger dan pebisnis pasti akan berurusan dengan laptop dan gadget. Gangguan dapat datang dari semua perangkat ini, seperti panggilan telepon, pemberitahuan media sosial (Facebook, WA, Twitter, dll.), Pemberitahuan email, dan banyak lagi.

Selain itu, ada gangguan tak terduga, misalnya, anak-anak menangis atau tiba-tiba ingat bahwa Anda harus melepas pakaian dalam. Dengan teknik Pomodoro ini, kami akan dapat mengelola semua gangguan sesuai dengan tingkat prioritasnya.

4. Bekerja dan hidup yang lebih seimbang
Seringkali orang kehilangan pekerjaan dan lebih suka bersantai bersama keluarga. Pada akhirnya, tidak ada yang bisa benar-benar menikmati keluarga seperti yang mereka harapkan.

Dengan menggunakan teknik Pomodoro ini, kita dapat membuat jadwal lebih efisien sehingga kita dapat membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan kerja.

Selain itu, teknik Pomodoro juga dapat melatih otak kita untuk fokus pada pekerjaan sehingga dapat digunakan pada waktu tertentu.

Lalu, bagaimana manfaat teknik Pomodoro?

Terlepas dari profesi Anda saat ini, mengatur waktu di Pomodoro sangat berguna. Namun bagi Anda yang bekerja sebagai blogger dan bisnis online, metode ini akan membantu Anda bekerja lebih produktif.

Manfaat dari metode ini meliputi:

  1. Kita dapat lebih fokus pada pekerjaan dan pekerjaan yang lebih baik
  2. Kita dapat menghilangkan perilaku multi-tugas yang seringkali menghasilkan hasil kerja yang buruk
  3. Kita dapat menjalankan lebih banyak tugas dari biasanya
  4. Kita bisa menyingkirkan kebiasaan sempurna yang sering menghambat pekerjaan
  5. Kita dapat meningkatkan konsentrasi dan antusiasme kita untuk bekerja
  6. Ini membantu mengurangi stres yang disebabkan oleh tenggat waktu

Baca juga: