Contoh Rencana Bisnis Sederhana

Modal adalah hal terpenting bagi wirausahawan untuk membangun bisnis. Jika Anda tidak memiliki dana sebagai modal bisnis, ada beberapa alternatif yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan pinjaman tunai dari penyedia pinjaman online. Salah satunya adalah Kredivo, yang dapat menyediakan sekitar USD 30 juta, dengan suku bunga terendah di pasar, 2,95% sebulan.

Tetapi bisnis bukan hanya modal. Setelah menerima pinjaman modal, Anda perlu membuat rencana bisnis atau rencana bisnis yang matang.

Tanpa rencana bisnis, bagaimana cara perusahaan beroperasi dan mendapat untung? Jika perusahaan Anda tidak beroperasi, bagaimana Anda dapat menelepon kembali dengan modal pinjaman?

Pentingnya rencana bisnis untuk membangun bisnis

Sebelum membahas detail rencana bisnis lebih terinci, sebaiknya pahami fungsi rencana bisnis. Pada dasarnya, rencana bisnis memiliki beberapa manfaat, terutama untuk tiga hal berikut:

1. Buat strategi bisnis
Rencana bisnis yang baik biasanya mencantumkan rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, bersama dengan strategi untuk mengimplementasikannya. Ini berguna untuk merencanakan tujuan tujuan bisnis ke depan.

2. Ukur biaya dan kebutuhan Anda
Setiap pengusaha harus menghitung biaya operasi menjalankan bisnisnya. Berdasarkan biaya produksi, sumber daya manusia, pemeliharaan dan banyak lagi. Rincian biaya diperlukan dalam rencana bisnis untuk mengantisipasi kerugian di masa depan.

3. Tingkatkan nilai bisnis Anda
Ada poin penting dalam rencana bisnis yang menunjukkan potensi perusahaan, atau biasa disebut sebagai poin penjualan unik (USP).

Rencana bisnis memainkan peran yang sangat penting sebagai modal bisnis. Mengingat ini adalah langkah pertama untuk bisnis Anda, Anda perlu merencanakan dengan hati-hati. Bagi Anda yang masih bingung ketika membuat rencana bisnis Anda, Anda dapat mengikuti beberapa contoh sederhana rencana bisnis.

Pertama, ingat bahwa rencana bisnis ini hanya simulasi. Penyesuaian dan penjelasan yang lebih rinci diperlukan untuk menghasilkan rencana bisnis yang tepat.

Contoh rencana bisnis untuk perusahaan kuliner

Bagi Anda yang berencana untuk memulai bisnis Anda sendiri, ada baiknya mengetahui beberapa hal saat membuat rencana bisnis yang baik. Berikut adalah contoh rencana bisnis sederhana untuk bisnis kuliner:

A. Persiapan
Peneliti pasar melihat peluang dan menguji pesaing bisnis. Bisnis yang sudah perlu tahu makanan / minuman apa yang ingin mereka jual
Kami mencari sumber daya manusia, dari koki, pelayan, kasir dan pekerja tidak penting lainnya
Manajemen lisensi dan legalitas lainnya
Pilih penyedia bahan baku yang ingin Anda gunakan
Berikan perangkat yang diperlukan di tempat bisnis

B. Pemasaran
Buat akun media sosial untuk pemasaran online
Merek menggunakan spanduk, spanduk, brosur, dan lainnya
Daftarkan restoran di layanan pengiriman online
Mendefinisikan konsep restoran seperti desain interior dan eksterior, dan konsep presentasi
Berikan promosi atau sponsor untuk banyak acara

C. Diperlukan Diperlukan Diperlukan (dalam Rupee)
Tidak. Deskripsi Biaya (RP)
1 survei berubah 1.000.000
2 20.000.000 desain interior dan eksterior
3 Lisensi 5.000.000
4 10.000.000 alat
5 Pemasaran 10.000.000
Sebanyak 46.000.000

D. Diperkirakan modal kerja selama mungkin
Tidak. Informasi tentang modal kerja (RP)
10.000.000 gaji pekerja
2 2.000.000 bahan baku
3 Biaya operasi 2.000.000
Total 14.000.000

E. Estimasi laba per bulan
Tidak Dapatkan Hasil Bulanan (RP)
15.000.000 Penjualan Makanan
2 Penjualan 5.000.000 minuman
Sebanyak 20.000.000
Taksiran untung 6.000.000

Meskipun mereka memiliki rencana bisnis yang baik dan matang, pebisnis sering mengalami kesulitan menemukan modal. Jika Anda salah satunya, tidak pernah mencoba mengambil keuntungan dari pinjaman tunai Fintech. Selain menyederhanakan proses pengiriman uang, pengiriman uang jauh lebih cepat daripada lembaga kredit konvensional.

Seperti yang telah kami sebutkan, Kredit adalah salah satu pinjaman keuangan online yang dapat kita pilih. Jika Anda ingin mengajukan kredit ke Kredivo, pastikan Anda mendaftar terlebih dahulu sebagai pengguna akun Kredivo. Berikut cara mendaftar:

Instal aplikasi Kredensial melalui Google Play Store atau App Store
Pilih “Makanan”
Unggah ID foto Anda (pastikan jelas dan terbaca)
Tautkan akun e-commerce Anda ke riwayat transaksi Anda
Hubungkan akun internet Anda sebagai bukti penghasilan (jika Anda memilih Instal Express Express)
Atau unggah foto KK dan PPN Anda, serta gaji dan laporan bank Anda (jika Anda memilih angsuran reguler)
Menunggu konfirmasi tidak lebih dari 1 × 24 jam.
Setelah mendaftar, Anda dapat mengajukan pinjaman tunai langsung. Hanya dalam 5 menit, dana akan dapat langsung masuk ke akun Anda. Kerja bagus!

Baca juga: