Pengertian Sumber Daya

Pengertian Sumber Daya

Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible). Sumber daya ada yang dapat berubah, baik menjadi semakin besar maupun hilang, dan ada pula sumber daya yang kekal (selalu tetap). Dengan demikian, semua sumber baik manusia, materi maupun energi yang secara nyata dan potensial dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia disebut sumber daya.

  1. Macam-Macam dalam Pelaksanaan Kebijakan Publik

Edwards III menjelaskan bahwa terdapat empat faktor yang menjadi bagian dari sumber daya yang mempengaruhi implementasi kebijakan, yaitu staff, informasi, kewenangan/otoritas, dan fasilitas.

  1. Staf

Sumberdaya terpenting dalam pelaksanaan kebijakan adalah staf. Pada masa dimana pemerintah menghadapi “serangan” dari berbagai arah, hal yang cukup mengejutkan adalah bahwa ternyata secara prinsip sumber kegagalan implementasi adalah tidak cukupnya staf. Meskipun sekitar 5 juta militer dan pekerja sipil bekerja untuk pemerintah pusat, dan hampir 13 juta orang bekerja untuk pemerintah negara bagian dan lokal, tetap saja terlalu sedikit orang-orang yang bekerja dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan ragam pekerjaan pelaksanaan kebijakan secara efektif. Perlu dilakukan evaluasi birokrasi, tidak hanya dalam jumlah tetapi juga dalam kemampuan melaksanakan pekerjaan.