Sepak Bola

Table of Contents

Sepak Bola

Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olah raga yang menggunakan bola dari bahan kulit dan dimainkan oleh 11orang  pemain inti dan sebagian pemain cadangan. Memasuki abad ke-21 olahraga ini dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikanya olah raga playa ng pupuler di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol  sebanyak-banyaknya kmenggunakan bola ke gawang lawan. Permainan sepak bola dinaungi oleh organisai FIFA.

       Sepak bola mempunyai 3 tehnik-tehnik dasar yang haraus dimiliki oleh setiap orang yang ingin bermain permainan sepak bola :

  1. Menendang bola

Menendang bola adalah menyentuh,mendorong atau menyepak bola.Agar dapat menjadi pemain  sepak bola yang berkualitas,seorang pemain perlu dan faktor dan utama mengembangkan kemahiran dalam menendang bola.Tujuan dalam menendang bola .Tujuan dalam menendang bola dalam hal ini adalah  untuk mengumpan, menembak ke gawang agar Ter jadi gol,dan untuk menghalau atau menyapu dalam rangka menggagalkan serangan atau permainan lawan.

  1. Mengontrol bola

Mengontrol bola merupakan salah satu teknik dalam permainan sepakbola yang digunakan untuk menghentikan datangnya bola dengan cara menggunakan salah satu

 anggota badan (kaki,paha,badan)  tujuan mengontrol bola adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk mengoper dan mengumpan bola.

  1. Menggiring bola

Begitu anda telah menguasai bola, mungkin anda ingin melakukan operan atau tembakan langsung tapi hala yang paling menarik dari bola adalah membiarkan bola tetap dalam kendali anda dan menggiringnya di lapangan. Bila anda memperhatikan penggiring bola yang baik, bola tersebut seolah –olah menempel pada kakinya pada saat dia sedang lari.

       Sepak bola mempunyai beberapa peraturan  yang tidak bisa dilanggar oleh pemain ataupun pihak-pihak yang ada dalam permainan sepak bola  adapun peraturannya adalah :

  1. Lapangan sepak bola

 Bentuk lapangan .Lapangan sepak bola berbentuk empat persegi panjang dengan panjang antara 91,8m-120m, lebarnya antara 46,9m-91,8 (untuk petandingan internasional panjang lapangan antara 100m-110m Danlebarnya antara 64,26m-73,44m). Pembatasan lapangan. Lapangan permainan dibatasasi dengan garis yang jelas lebarnya tidak lebih 15cm. bendera sudut lapangan tidak lebih dari 1,5m. dan diletakkan pada keempat sudut lapangantitik tengah lapangan ditandai dengan titikyang jelas dan dikelilingi lingkaran tengah dengan jari-jari 9,15m.
Garis kotak gawang. Didepan gawang terdapat garis gawang sepanjang 18,30m yang berjarak 5,5m didepan gawang.Daerah penalti. Pada setiap ujung lapangan digambar dua garis  sejajar dengan panjang lapangna dan berjarak masing-masing 16,5m dari tiang gawang. Garis ini disatukan oleh sebuah garis lain yang panjangnya 40,3m sejajar dengan  lebar lapangan sejauh 16,5m didepan gawang. Daerah yang diapit oleh garis ini disebut daerah tendangan hukuman. Didalam daerah hukuman terdapat sebuah titikyang jaraknya 11m dari titik tengah garis gawang. Daerah sudut pada setiap bendera sudut terdapat seperempat lingkaran yang berjari –jari 1 meter

  1. Gawang

Gawang diletakkan ditengah garis gawan, yang terdiri dari dua tiang tegak, yang tingginya 2,44m dan dihubungkan bdenan tiang horizontal (*yang panjangnya 7,32m). lebar tiang gawang tidak boleh lebih dari 15cm.

  1. Bola
  2. Bola berbentuk bulat, bagian luar terbuat dari kulit atau bahan lain yang tidak membahayakan
  3. Keliling bola tidak lebih dari 71cm dantidak kurang dari 68cm.
  4. berat bola tifak lebih dari 453 gram dan tidak kurang dari 396 gram
  5. Tekanan udara 0,6-1,1 atmosfir

Jumlah pemain

  1.  Jumlah pemain 11 orang salah satu diantaranya sebagai penjaga gawan
  2.  Jumlah pemain cadangan dari setiap regu maksimal 7 oran
  3.  Nama pemain cadangan harus diserahkan ke panitia pertandingan agar dapat ikut bertanding

Sumber: https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/kinemaster-pro-apk/