Makna Mendyukuri Nikmat

Makna Mendyukuri Nikmat

  Syukur adalah pujian karena adanya kebaikan yang diperoleh Syukur berarti Memuji, berterima kasih dan merasa berhutang budi kepada Allah atas karunia-Nya,,Syukur merupakan akibat dari adanya nikmat yang telah diterima dari pemberi nikmat,Syukur berarti ucapan sikap, dan perbuatan terimakasih kepada allah swt, dan penggakuan yang tulus atas nikmat dan karunia yang diberikannya. Nikmat yang diberikan sangat banyak dan bentuknya bermacam-macam,  disetiap detik yang dilalui maninusia tidak pernah lepas dari nikmat allah, nikmatnya sanggat besar. seperti halnya semua alat indra kita serta nikmat kesehatan yang semua itu tidak bisa diukur dengan material kita.Sehingga mausia tidak akan dapat menghitungnya.

Akan tetapi tentu saja semua hal yang berkaitan kenikmatan di dunia semua itu merupakan hanya kenikmatan sementara yang nantinya akan diambil oleh Allah SWT

Bahwasanya Allah menganjurkan kepada makhluknya untuk mensyukuri nikmat yang diberikan, yaitu dengan satu hal yang mungkin kadang manusia sendiri lupa apa yang menjadi kewajiban kita sebagai makhluk Allah, yaitu dengan menjalankan apa yang sudah ditetapkanNikmat adalah segala anugerah Allah swt.hidup manusia pada dasarnya sangat tergantung dan membutuhkan nikmat Allah swt.

       Syukur harus dilakukan dengan tiga hal, yaitu lisan, hati, dan anggota badan sebagaimana iman. Orang yang bersyukur kepada Allah Swt. atas kenikmatan yang diterima, maka ia harus mengakui kenikmatan itu dalam hatinya, kemudian lisannya mengucapkan kalimat alhamdulillah atau memberitahukannya kepada orang lain, dan anggota badannya tergerak untuk lebih taat kepada Allah Swt. Dan memberikan sebagian kenikmatan itu kepada orang lain yang membutuhkan.

    Bersyukur adalah saat kita diberi kesehatan dan menggunakan kesehatan itu untuk beribadah kepada Allah,bersukur adalah melihhat kebawah memahami bahwa masih banyak yang kurang beruntung dari kita,Menerima segala kekurangan dan kelebihan menjalani proses kehidupan dengan apa adanya tanpa keserakahan.

   Banyak nikmat Allah yang diberikan kepada manusia, bumi sebagai tempat hidup manusia dengan berbagai sarananya. Hujan (air yang turun dari langit) sebagai sumber kehidupan. Dengan air, tanah yang gersang menjadi subur. Kemudian Allah juga menciptakan pasangan semua hal yang Dia ciptakan. Ada siang ada malam, ada laki-laki ada perempuan, ada panas ada dingin, ada positif ada negatif dan seterusnya. Semua itu merupakan bagian dari nikmat Allah yang diberikan kepada makhluknya khususnya manusia. Nikmat-nikmat itu diberikan kepada manusia agar mereka dapat hidup sejahtera. Dengan nikmat yang diberikan Allah, sewajarnya manusia selalu mengingat nikmat itu dari mana datangnya, sehingga tidak menjadi manusia yang kafir (mengingkari nikmat). Bagi yang memiliki binatang ternak, tumbuhan (kebun atau lading) dan atau penghasilan lebih harus mengeluarkan hak untuk fakir miskin dan sebagainya.

Di antara sekian nikmat Allah swt., ada dua nikmat yang sangat besar akan tetapi sering kurang disadari oleh manusia, yaitu nikmat Islam dan Iman. Secara garisbesar Iman adalah kepercayaan akan adanya Allah Yang Maha Esa, sedangkanIslam merupakan perwujudan dari Iman, pasrah dan mengikuti segala aturan Tuhan,bersedia tunduk dan patuh.

Islam dan Iman merupakan nikmat yang paling besar dan tinggi nilainya,oleh karenahanya dengan Islam dan Iman inilah manusia akan selamat dalam hidup danperjalanan hidupnya di dunia maupun di akhirat, manusia akan menemukan jatidirinya sebagai makhluk Allah swt. Bila hal ini betul-betul disadari, maka aturan

Agama tidak lagi dianggap beban yang mengikat manusia, akan tetapi dianggapnyasebagai pelita dalam kegelapan hidup

1.3.Cara mensyukuri Nikmat

Sungguh betapa besar dan banyak nikmat yang telah dikaruniakan Allah kepada kita. Setiap hari silih berganti kita merasakan satu nikmat kemudian beralih kepada nikmat yang lain. Di mana kita terkadang tidak membayangkan sebelumnya akan terjadi dan mendapatkannya. Sangat besar dan banyak karena tidak bisa untuk dibatasi atau dihitung dengan alat secanggih apapun di masa kini. Semua ini tentunya mengundang kita untuk menyimpulkan betapa besar karunia dan kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/jasa-penulisan-artikel/