Pengertian Internet

  Pengertian Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization)/pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.

Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

B.     Pengaruh Penggunaan Internet dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kecandungan teknologi harus disembuhkan dan masyarakat harus disadarkan sebelum teknologi menimbulkan efek yang lebih buruk lagi. Alat teknologi membuat banyak dari kita merasa gelisah, karena pikiran hanya tertuju pada alat ini, seperti ponsel misalnya. Kecandungan teknologi seperti ini bias dilihat dari seringnya orang mengecek ponsel tiap beberapa menit sekali hanya untuk melihat notifikasi messenger, sms atau situs jejaring social. Ketika kita tidak bisa focus kepada hal yang penting, ini juga merupakan masalah dari kecandumgan teknologi. Kewajiban dilakukan sembaring menggenggam ponsel atau memangku laptop, merupakan tanda bahwa kecandungan teknologi sudah demikian merasuk. Perasaan untuk selalu harus membalas sapaan yang masuk melalui sms, messenger atau situs jejarig social dalam keadaan apapun juga merupakan indikasi nyata. Sebelum kecandungan teknologi ini merusak lebih jauh, kendalikan diri dengan menahan keinginan tidak beralasan atau setiap menit mengecek ponsel atau melihat notifikasi. Jangan melakukan dua atau lebih pekerjaan sekaligus disaat seharusnya kewajiban diprioritaskan.

Dengan berkembangnya teknologi semua fasilitas pun bisa didapatkan sebagai contoh game dizaman yang modern ini anak-anak sekarang lebih memilih bermain dirumah atau diwarnet seharian didepan layar computer dari pada bersosialisasi diluar dengan teman sebaya mereka. Pergaulan kita hanya digame online saja, sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dari mainan digame online. Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan internet yang kita mainkan.

C.    Manfaat Internet Bagi Kalangan Remaja

Terlepas dari dampak yang ditimbulkan internet, internet adalah sebuah teknologi komunikasi baru yang memudahkan penggunanya dalam memperoleh informasi. Saat ini penggunanaan internet semakin pesat, mayoritas masyarakat di dunia telah menggunakan kecanggihan internet ini untuk berbagai keperluannya, mulai dari keperluan pribadi, organisasi, hingga dinas, karena penggunaan internet dinilai lebih praktis dan efisien.

Pengaruh internet sangat besar. Sampai-sampai telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Saat ini hampir tidak ada yang lepas dari pengaruh internet, bahkan sekarang pemerintah pun juga memanfaatkan kecanggihan internet untuk menyampaikan informasi kepada publik, misalnya informasi tentang suatu kota, mempromosikan pariwisata, E-KTP, dan lain-lain.

Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang memanfaatkan internet untuk kepentingan peningkatan kualitas suatu institusi pendidikan. Pendidikan memang pemegang peran penting dalam kemajuan suatu bangsa dan negara, karena dunia pendidikanlah yang mencetak para generasi penerus bangsa. Internet dapat dikatakan sebagai perpustakaan maya yang menyimpan berbagai ilmu pengetahuan di dalamnya. Internet dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan alternatif.

Dalam penggunaan internet, para remajalah yang menduduki peringkat pertama. Internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Hampir setiap aktivitas remaja dipengaruhi oleh internet, mulai dari penggunaan jejaring sosial, hingga p

Sumber :

http://riskyeka.web.ugm.ac.id/bocah-laki-laki-berhasil-bobol-faceid-iphone-x-milik-ibunya/