Pengertian gempa bumi

Pengertian gempa bumi

Pengertian gempa bumi

Gempa bumi adalah getran yang dirasakan di permukaan bumi yang di sebabkan oleh gelombang seismic dari sumber gempa di dalam lapisan kulit bumi.Pusat atau sumber gempa bumi yang letaknya di dalam bumi disebut hiposentrum. Daerah permukaan bumi ataupun di dasar laut yang merupakan tempat pusat getaran bumi merambat disebut episentrum.

Gempa bumi adalah getaran bumi atau getaran kulit bumi secara tiba-tiba,bersumber pada lapisan kulit bumi (litosfer) bagian dalam, dirambatkan oleh kulit bumi ke permukaan bumi. Gempa bumi di sebabkan adanya pelepasan energi yang menyebabkan dislokasi (pergeseran) pada bagian dalam kulit bumi secara tiba-tiba. Gempa bumi termasuk bagian dari tenaga endogen yang merusak, menyimpang dari sifat tenaga endogen pada umumnya, yaitu membangun tetapi merupakan gejala sampingan tenaga endogen yaitu tektonisme dan vulkanisme.

Jalur Gempa Bumi di Indonesia

Jenis gempa yang banyak terjadi di Indonesia adalah gempa vulkanik, alasannya di indonesia yaitu banyak gunung berapi yang masih aktiv. Selain gempa vulkanik, jenis gempa tektonik juga sering terjadi di Indonesia, hal ini disebabkan di Indonesia masih berlangsung proses pembentukan pegunungan baik patahan maupun lipatan. Hal ini menyebabkan terjadinya peristiwa oengangkatan dan penurunan pada lapisan kulit bumi.

Wilayah di Indonesia secara geologis termasuk daerah yang rawan gempa, baik gempa tektonik maupun gempa vulkanik. Sebab indonesia secara geologis merupakan pertemuan dari beberapa lempeng kulit bumi, apa saja nama lempeng tersebut ? berikut:

  1. Lempeng Benua Eurasia (Eropa dan Asia)
  2. Lempeng Samudra Hindia
  3. Lempeng Benua Australia
  4. Lempeng Samudra Pasifik

Lempeng Benua Asia dan Eropa (Eruasia) relatif stabil dibanding lempeng yang lainnya. Lempeng Samudra Hindia dan lempeng Australia bergerak menuju ke arah utara mendesak lempeng Benua Asia dan Eropa. Sedangkan lempeng Samudra Pasifik bergerak ke arah barat mendesak lempeng Benua Asia dan Eropa. Pertemuan tiga lempeng tersebut, merupakan jalur gempa di Indonesia.

  1. Contoh  Gempa Bumi yang pernah  terjadi di Indonesia
  2. Gempa bumi samudra hindia tahun 2004, berkekuatan 9,1 sampai 9,3 SR
  3. Gempa bumi Sumatra tahun 1833 berkekuatan 8,8 sampai 9,2 SR
  4. Gempa bumi Sumatera tahun 2005 berkekuatan 8,7 SR
  5. Gempa Laut Banda tahun 1938 berkekuatan 8,5 SR
  6. Gempa bumi Sumatera 1861 berkekuatan 8,5 SR
  7. Gempa bumi Sumatera tahun 1797 berkekuatan 8,4 SR
  8. Gempa bumi Bengkulu tahun 2007 berkekuatan 7,9 SR
  9. Gempa bumi Jawa tahun 2006 berkekuatan 7,7 SR
  10. Gempa bumi di Sumatera tahun 2009 berkekuatan 7,6
  11. Gempa bumi di Papua tahun 2009 berkekuatan 7,6 SR

Sumber: https://bloggermuslimah.id/model-penapisan-ini-dinilai-cocok-untuk-indonesia/