PEMBANGUNAN EKONOMI

PEMBANGUNAN EKONOMI

            Pada umumnya pembangunan ekonomi di artikan sebagai serangkaian usaha dalam suatu perekonomian untuk mengembangkan kegiatan ekonominya sehingga infrastruktrur lebih banyak tersedia, perusahaan semakin banyak dan semakin berkembang, taraf pendidikan semakin tinggi dan teknologi semakin meningkat. Maka, secara ringkas dapat diartikan bahwa pembangunan ekonomi dapat dirumuskan kembali dalam bentuk suatu usaha untuk mengurangi atau menghapuskan kemiskinan, ketimpangan dalam distribusi pendapatan dan pengangguran dalam konteks luas pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.

Pembangunan ekonomi hanya meliputi usaha suatu masyarakat untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan mempertinggi tingkat pendapatan masyarakat, sedangkan keseluruhan usaha-usaha pembangunan sosial, politik, dan kebudayaan.

  1. PENGERTIAN PEMBANGUNAN EKONOMI

            Dengan demikian,dapat dikatakan bahwa pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk suatu masyarakat meningkat dalam jangka panjang.

Berdasarkan uraian diatas, dapat kita ketahui bahwa pembangunan ekonomi mempunyai tiga sifat penting, yaitu sebagai berikut :

  1. Pembangunan ekonomi sebagai proses, yang berarti pembangunan merupakan perubahan yang terjadi terus menerus.
  2. Pembangunan ekonomi sebagai usaha untuk menaikan tingkat pendapatan perkapita.
  3. Kenaikan pendapatan perkapita ini harus terus berlangsung dalam jangka panjang.

   


  1. SYARAT-SYARAT PEMBANGUNAN EKONOMI

  2. Kekayaan sumber daya alam, baik fisik maupun manusia.
  3. Pendapatan per kapita dan tingkat PNK di sejumlah negara lain.
  4. Perbedaan iklim.
  5. Tingkat pertumbuhan dan penyebaran penduduk.
  6. Peranan sejarah migrasi dunia.
  7. Keuntungan-keuntungan dari perdagangan dunia.
  8. Pengetahuan dasar, riset teknologi dan kemampuan membangun
  9. Stabilitas dan fleksibilitas lembaga-lembaga politik.Sumber :https://zalala.co.id/ponsel-lipat-samsung-akan-diproduksi-terbatas/