Penggemukan Kambing

Penggemukan KambingPenggemukan Kambing

Cara penggemukan Kambing saat ini banyak di cari oleh para peternak Kambing, baik melalui buku panduan ternak, internet, atau langsung dari informasi peternak Kambing yang sudah berpengalaman. Untuk mengatasi hal tersebut, saya akan mencoba memberi tips bagaimana cara penggemukan Kambing yang baik, aman, dan efektif. Di dalam usaha penggemukan Kambing ini di butuhkan sebuah managemen yang nantinya mengarah kepada serangkaian kegiatan yang di butuhkan dalam mempercepat kambing agar gemuk.

Penggemukan Kambing Dengan Pakan Buatan Murah
Managemen penggemukan Kambing ini adalah tentang bagaimana membuat Kambing agar cepat gemuk, mulai dari pembuatan kandang, pemilihan bibit, dan pewatan sampai dengan tahap pemanenan. Usaha penggemukan ini sangat bagus di lakukan jika mendekati hari raya Idul Adha, karena pada hari tersebut Kambing jenis apapun akan laris di pasaran yang di peruntukkan sebagai binatang Qurban. Saat itu juga harga Kambing juga melambung, untuk itu tentunya ini adalah peluang usaha yang sangat bagus dan perlu di lakukan.

Di dalam penggemukan Kambing di butuhkan perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan yang sebaik-baiknya karena 3 hal tersebut merupakan kunci sukses untuk membuat Kambing agar cepat mengalami perkembangan pembentukan daging. Saat ini daging Kambing menjadi daging yang sangat di minati di pasaran, kebutuhan daging Kambing setiap tahunnya pasti melambung dan harganya juga semakin naik untuk setiap tahunnya karena hal ini tidak di imbangi dengan hasil produksi yang seimbang. Dan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia yang semakin tinggi maka Pemerintah melakukan impor daging, untuk itu jika Anda ingin memulai usaha ternak Kambing maka jangan takut hasil produksi tidak laku, justru sangat berpeluang untuk menjajaki pasar.

Namun untuk sukses menjalankan usaha penggemukan Kambing di butuhkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Dan untuk mengatasi hal tersebut, seperti yang Saya sebutkan diatas bahwa di butuhkan managemen yang nantinya akan melakukan perencanaan dan pelaksanaan agar usaha ini berjalan dengan baik. Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa faktor yang akan menetukan suksesnya usaha penggemukan Kambing.
Pembuatan Kandang Penggemukan Kambing Yang Benar
Untuk pembuatan kandang juga harus di manage dengan tepat, hal ini karena akan mempengaruhi kenyamanan Kambing dan juga akan mempengaruhi metabolisme Kambing dengan posisi yang tepat ketika makan.

Penggemukan Kambing Cepat Dengan Kandang Seadanya
Dan Kandang juga harus di bangun di area yang tepat, mulai dari suhu sampai dengan tingkat kenyamanan agar tidak mengganggu masyarakat sekitar dengan kotoran yang di hasilkan.

Di bawah adalah penentuan lokasi kandang penggemukan Kambing yang tepat :

1. 1. Lokasi Teduh

Lokasi yang teduh membuat Kambing akan lebih gemuk, sangat bagus kandang di bangun di sekitar pohon yang rindang. Teduh yang di maksud bukanlah gelap, namun kandang harus tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup dan jangan sampai kepanasan.

. 2. Sirkulasi Udara Yang Baik

Didalam pembangunan kandang juga di perlukan sirkulasi udara yang baik yaitu dengan suhu udara sekitar 35c. Yang di maksud paha tahap ini adalah dengan menentukan lokasi kandang agar mendapatkan sirkulasi udara yang lancar. Lokasi tidak terhalang pagar tembok atau bangunan besar di sekitar kandang. Sirkulasi udara yang lancar juga akan menjaga kondisi kandang agar tetap sehat karena kotoran akan kering dan bau tidak sedap akan terbawa angin.

3. 3. Lokasi Dengan Suasana Tenang

Kambing memerlukan tempat yang tenang agar merasa nyaman, jika Kambing nyaman dengan lingkungan hidupnya maka nafsu makan akan bertambah dan kambing juga mudah dalam perkembangan pembentukan daging. Suasana yang tenang ini juga akan membantu Kambing agar tidak mudah stress dan terserang penyakit, usahakan tidak berdekatan dengan jalan raya, pabrik yang menggunakan mesin bising, dan area tidak tenang lainnya.

. 4. Sinar Matahari Yang Cukup

Poin ini bisa kita lihat pada penjelasan nomor 1 diatas bahwa Kambing memerlukan sinar matahari yang cukup, tidak berlebihan, dan juga tidak terlalu teduh. Sangat bagus jika bisa menempatkan di bawah pohon rindang yang pagi hari terkena sinar matahari namun siang sampai malam sudah tidak terkena sinar matahari lagi.

. 5. Lokasi Dan kandang Selalu Bersih

Bersih adalah kunci sukses untuk menjaga kesehatan Kambing, begitu juga penempatan lokasi pembangunan kandang juga pada area yang bersih, tidak dekat dengan pembuangan sampah, kotoran kambing sendiri, got, dan area kotor lainnya. Lokasi kandang yang bersih ini perlu di perhatikan, karena jika tidak kambing akan hilang nafsu makan, dan kemungkinan lain Kambing akan mudah terserang beberapa penyakit.

 

Recent Posts