Perbedaan Jeruk Siam dan Jeruk Keprok

Perbedaan Jeruk Siam dan Jeruk KeprokPerbedaan Jeruk Siam dan Jeruk Keprok

Perbedaan antara jeruk siam dan jeruk keprok tidak semua orang tahu. Karena memang kedua jenis jeruk ini memiliki bentuk, ukuran dan warna yang nyaris sama. Lalu, kita sebagai petani dan masyarakat awam bagaimana cara membedakannya?

Jeruk siam dan jeruk keprok memiliki karakter yang hampir sama. Dengan adanya identifikasi dan penyebarluasan informasi, maka akan memudahkan masyarakat dalam membedakan kedua jenis jeruk ini. Hal ini juga sangat penting untuk diketahui oleh para petani sebelum mulai menanam.

Foto jeruk siam di Kebun Pak Tarso

Perbedaan Rasa, Tekstur, Kulit dan Warna

Jeruk keprok memiliki rasa manis yang sedikit asam/kecut dan segar. Warna kulit jeruk keprok lebih menarik dan mudah dikupas. Berat jeruk keprok 125-274 gram, bentuk buah jeruk keprok pada umumnya bulat ada yang gepeng, ciri khas mempunyai konde, tekstur permukaan agak kasar, warna kulit pada dataran tinggi bisa sampai oranye. Mempunyai dinding buah tebal dengan lapisan kulit luar yang kaku, ketebalan kulit 3.13-4.63 mm.

Jeruk siam adalah jenis jeruk yang lain. Jeruk ini lebih populer di masyarakat. Jeruk siam banyak ditemui di pasar tradisional dan secara umum banyak dijual oleh pedagang. Jeruk siam memiliki ciri-ciri rasa yang manis, kulit tipis dan mudah dikupas. Ukuran jeruk siam relatif lebih kecil dibandingkan dengan jeruk keprok, dengan berat buah berkisar 99.8-112.2 gram per butirnya. Buah berbentuk bulat dengan ujung buah berbentuk bulat/bundar.

Jeruk siam berwarna hijau kekuningan dan sedikit mengkilat. Ketebalan kulit sekitar 1.8 – 2.5 mm. Kulit jeruk siam lebih tipis daripada jeruk keprok. Tekstur permukaan kulit buah siam lebih halus karena pori-pori lebih rapat dan berukuran kecil 0.8 mm. Sedangkan pori-pori jeruk keprok lebih jarang dengan ukuran besar ≥1.2 mm.

 

Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/vakum-di-smartphone-ini-penjelasan-acer/