Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Dan KecantikanManfaat Wortel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat wortel bagi kesehatan terutama mata tidak perlu diragukan lagi. Sayur kesukaan dari kelinci ini merupakan salah satu tanaman yang mudah tumbuh dimana saja. Selain lezat sayur ini juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Manfaat wortel bisa kita peroleh dengan cara memakannya langsung atau dengan memasaknya terlebih dahulu. Sayuran yang memiliki nama latin Daucus Carota ini tersebar hampir diseluruh penjuru dunia dan bisa tumbuh sepanjang tahun.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Berikut ini dalah sederet manfaat wortel bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Kesehatan Mata
Seperti yang telah kita ketahui, wortel merupakan salah satu sayuran yang paling banyak mengandung vitamin A. Di retina vitamin A akan berubah menjadi rhodopdin yang merupakan salah satu pigmen untuk mempertajam penglihatan di malam hari.

2. Mencegah Kanker

Beberapa study yang dilakukan oleh pakar kesehatan berhasil mengungkap kemampuan wortel dalam mencegah kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan falcarinol yang merupakan salah satu senyawa anti kanker.

3. Mencegah Pernyakit Jantung
Sebuah study lain menunjukkan jika mengkonsumsi wortel secara teratur dapat mengurangi resiko terkena pernyakit jantung. Selain itu ternyata wortel dapat mengurangi kadar kolesterol, yaitu dengan cara mengikat dan menghilangkan asam empedu.

4. Memelihara Kesehatan Kulit
Wortel bersifat pembersih yang baik untuk kulit dan wajah. Wortel juga bermanfaat untuk menghilangkan bercak hitam akibat pigmentasi. Selain itu vitamin A dan beberapa senyawa lainnya juga dapat menjaga kesehatan kulit anda.

6. Mencegah Penuaan Dini
Beta karoten yang terkandung dalam sebuah wortel berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu tubuh melawan pengaruh negatif dari radikal bebas.

7. Mencegah Terkena Stroke
Sebuah penelitian di harvard university berhasil mengungkap, seseorang yang setidaknya memakan wortel 6 buah dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol dari pada yang hanya mengkonsumsi 1 buah saja selama sebulan.

8. Mengatasi hipertensi
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu blender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

9. Mengatasi demam pada anak
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minumkan pada anak yang demam selagi hangat.

10. Menyembuhkan batuk
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

11. Mengatasi nyeri haid
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu blender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

12. Mengatasi sembelit
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

13. Menghaluskan wajah
Ambil 2-3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Lalu bilas dengan air hangat.

14. Mengatasi luka bakar
Manfaat wortel selanjutnya adalah mengatasi luka bakar. Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

Recent Posts