Mengenal Pancasila Sebagai Ideologi

Pancasila dilambangkan sebagai elang yang memiliki 5 tanda di badannya. Menurut wikipedia Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia. Nama tersebut terdiri dari dua kata dari bahasa Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau landasan.

Setiap negara dan bangsa yang ingin kuat, tidak mudah dipersoalkan kerasnya kehidupan berbangsa dan berbangsa, tentunya membutuhkan kebijakan nasional dan ideologi nasional. Jika tidak, negara dan negaranya akan menjadi lemah, oleh karena itu peran penting bagi negara.

Pembelajaran Pancasila lebih signifikan yang kita wujudkan sebagai bangsa Indonesia yang memiliki jati diri dan harus diwujudkan dalam keseharian untuk menunjukkan jati diri bangsa yang lebih luhur dan berbudaya. Sebagaimana diharapkan dapat menjelaskan Pancasila sebagai ideologi bangsa, merefleksikan makna ideologi, menunjukkan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menunjukkan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan bebrayan. Kondisi yang didapat dalam tulisan ini juga dapat dijadikan bekal kemampuan analisis dan kritik terhadap sikap penyelenggara negara yang menyimpang dari cita-cita dan cita-cita negara.

Pemahaman ideologis

Ideology berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan dari dua kata yaitu edios yang berarti ide atau konsep dan logo yang berarti pengetahuan. Pengertian ideologi secara umum merupakan kumpulan ide, gagasan, keyakinan dan keyakinan yang lengkap dan sistematis. Dalam arti luas, ideologi adalah norma penuntun yang digunakan oleh semua kelompok sebagai dasar cita-cita, nilai, dan masalah yang diinginkan.

Jadi ideologi memiliki ilmu tentang gagasan, ilmu tentang gagasan, ilmu tentang gagasan atau ajaran tentang makna-makna dasar. Dalam pemahaman sehari-hari menurut Kaelan ‘gagasan’ disamakan dengan ambisi.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ideologi adalah sekumpulan konsep sistematis yang menjadi landasan opini (peristiwa) yang memberikan arah dan tujuan agar dapat bertahan hidup; bagaimana orang atau kelompok; Pengertian, Teori dan Tujuan suatu program sosial-politik.

Pahami Kebijakan Nasional

Kebijakan nasional adalah landasan kehidupan bernegara. Setiap negara membutuhkan daratan untuk menjalani kehidupan nasionalnya. Kebijakan nasional suatu negara adalah kebijakan untuk menyelamatkan pemeliharaan negara tersebut.

Kebijakan nasional untuk negara sangat penting. Negara yang tidak memiliki kebijakan negara tertentu tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, sehingga negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga timbullah chaos. Kebijakan kenegaraan adalah pedoman untuk menghayati jarak negara dari cita-cita bernegara, tujuan bernegara, norma bernegara.

Nilai-nilai Pancasila yang menjadi landasan negara dalam setiap perilaku dan setiap keputusan yang diambil oleh panitia negara dan penyelenggara pemerintahan harus selalu berpedoman pada Pancasila, dengan tetap menjaga kemanusiaan yang luhur serta aspirasi moral yang kuat dalam berbangsa. Pancasila sebagai sumber mata pencaharian menunjukkan jati diri bangsa Indonesia yang memiliki nilai kemanusiaan yang tinggi, hal ini berarti dengan Pancasila bangsa Indonesia segala bentuk penindasan, penjajahan dari satu bangsa ke bangsa lain. Bangsa Indonesia mengalami segala macam kekerasan dari satu manusia ke manusia lainnya, karena Pancasila sebagai sumber rezeki merupakan cita-cita moral yang tinggi yang mencerminkan suasana psikis dan karakter bangsa Indonesia.

Sumber: www.blog.malavida.co.id