Penyediaan Informasi Tentang Kebutuhan Tenaga Kerja

Penyediaan Informasi Tentang Kebutuhan Tenaga Kerja

Untuk mengatasi pengangguran musiman, perlu adanya pemberian informasi mengenai tempat – tempat yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Masalah pengangguran dapat muncul karena seorang tidak tahu perusahaan apa saja yang membuka lowongan kerja, atau perusahaan seperti apa yang cocok dengan keterampilan yang dimiliki. masalah tersebut adalah masalah penyampaian informasi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu diadakan sistem informasi yang memudahkan orang mencari pekerjaan. Sistem tersebut dapat berupa pengumuman lowongan kerja di kampus dan media massa. Dapat juga berupa pengenalan profil perusahaan di sekolah – sekolah kejuruan, kampus, balai latihan kerja, dan bursa kerja.

D. Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dapat digunakan untuk mengatasi pengangguran friksional. Dalam situasi normal, pengangguran friksional tidak mengganggu karena sifatnya hanya sementara. Tingginya tingkat perpindahan kerja justru menggerakkan perusahaan untuk meningkatkan diri (karier dan gaji) tanpa harus beprindah ke perusahaan lain.

Menurut Keynes, pengangguran yang disengaja terjai bila orang lebih suka menganggur daripada harus bekerja dengan upah rendah. Di sejumlah negara, pemerintah menyediakan tunjangan / santunan bagi para pengangguran. Bila upah kerja rendah, maka orang lebih suka menganggur dengan mendapatkan santunan pengangguran. Untuk mengatasi pengangguran jenis ini diperlukan adanya dorongan – dorongan (penyuluhan) untuk giat bekerja.

Pengangguran tidak disengaja terjadi bila pekerja berkeinginan bekerja pada upah yang berlaku tetapi tidak mendapatkan lowongan pekerjaan. Dalam jangka panjang masalah tersebut dapat diatasi dengan pertumbuhan ekonomi.

E. Program Pendidikan dan Pelatihan Kerja
Pengangguran disebabkan oleh masalah tenaga kerja yang tidak terampil dan ahli. Perusahaan lebih menyukai calon pegawai yang sudah memiliki keterampilan atau keahlian tertentu. Masalah tersebut amat relevan di negara kita, mengingat sejumlah besar pengangguran adalah orang yang belum memilii keterampilan atau keahlian tertentu.

Recent Posts