Apa itu bokeh dalam fotografi?

Kebanyakan orang bahkan tidak tahu bagaimana cara mengucapkan dan siapa yang keberatan dengan pengucapan Anda. Bokeh adalah salah satu efek foto paling populer, itulah sebabnya smartphone menggunakan perangkat lunak tambahan untuk meniru (kebanyakan gagal). Setiap fotografer dan penggemar telah menemukan istilah ini dan kami di sini hari ini untuk memberi tahu Anda semua tentangnya.

Plus: Tip fotografi berikut akan membantu Anda mendapatkan hasil yang luar biasa

Apa itu bokeh?

Bidikan pola bokeh Amigurumi

Mari kita mulai dengan pengucapannya. Bokeh adalah kata dalam bahasa Jepang yang menyulitkan semua penutur bahasa Inggris (serta penutur non-Jepang) untuk mengucapkan. Kamus Ilmiah Oxford (Huruf Fonetik Internasional) menjelaskan pengucapan kata tersebut sebagai / bōˈkā / / boʊˌkeɪ /. Anda dapat mendengarkan audionya di Lexico.com. Sekarang Anda tahu bagaimana mengatakannya, kita dapat melanjutkan (dan Anda dapat berdebat di seluruh internet tentang bagaimana mereka mengatakannya)

Sederhananya, bokeh mengacu pada kualitas area yang diburamkan di latar belakang dan latar depan foto. Banyak yang percaya bahwa ini identik dengan latar belakang yang kabur, yang tidak benar. Bokeh justru mengacu pada seberapa baik latar belakang menjadi kabur.

Bokeh bagus vs bokeh

Bokeh bagus: lensa makro Nikon 105mm f2.8 Bokeh buruk: Nikon 18-55mm f / 3.5-5.6 Kit Lensa Bokeh bagus: Nikon 105mm f2.8 Lensa makro Bokeh buruk: Nikon 18-55mm f / 3.5-5.6 Kit Lensa
Tidak ada standar yang mendefinisikan bokeh sebagai baik atau buruk, yang menjadikannya masalah subjektif. Secara umum, bokeh yang baik diukur dengan seberapa terang bulatannya dan seberapa halus atau “lembut” area lensa tidak terfokus.

Bokeh buruk lebih tajam. Mungkin juga ada cahaya heksagonal yang kabur, masalah yang disebabkan oleh membran tujuh bilah. Lensa tetap memiliki sembilan bilah diafragma dan berbentuk bulat.

Bagaimana bokeh dibuat?

Kedalaman bidang yang lebih dalam. Dibidik pada aperture f / 8. Kedalaman pitch dangkal. Dibidik pada pembukaan f / 1.8. Kedalaman bidang yang lebih dalam. Dibidik pada aperture f / 8. Kedalaman pitch dangkal. Dibidik pada pembukaan f / 1.8.
Bokeh secara langsung dipengaruhi oleh kedalaman bidang. Kedalaman bidang mengacu pada area fokus foto. Apa pun di belakang atau di depan halaman tidak lagi tajam. Contoh di atas menunjukkan beberapa gambar, satu dengan permukaan yang sangat dangkal dan yang lainnya dengan bidang yang lebih dalam.

Sebaliknya, kedalaman bidang dipengaruhi oleh empat faktor utama: bukaan, ukuran sensor, panjang fokus, dan jarak yang berkaitan dengan subjek. Bukaan yang lebih lebar memperpendek kedalaman bidang dan menghasilkan lebih banyak keburaman, sementara bukaan yang lebih sempit meningkatkan kedalaman bidang dan memberi lebih banyak penekanan. Ukuran sensor yang lebih besar memaksa Anda untuk mendekati subjek dan / atau menambah panjang fokus, keduanya mengurangi kedalaman bidang dan menghasilkan keburaman yang lebih besar.

Baca juga: